PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM

Lisa Nur Hidayati, Siti Hayati Efi Friantin, Ika Swasti Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris bahwa Return On Asset, Return On Equity, dan Earning Per Sheare berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan telekomuniksi yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2020. Data yang digunakan berupa laporan keuangan tahunan Perusahaan Telekomunikasi yang dijadikan sampel dalam penelitian dengan periode waktu tahunan serta data statistic mengenai indikator ekonomi. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 4 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yaitu, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Return On Asset berpengaruh negatif dan tidak. Variabel Return On Equity berpengaruh Positif dan signifikan. Earning Per Share berpengaruh Positif dan. Secara simultan Return On Asset, Return On Equity dan Earning Per Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci : Harga saham, Return On Asset, Return On Equity, dan Earning Per Share


Full Text:

PDF

References


Anisya. (2021). Pengaruh ROA, ROE, Dan DER Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdapatdi BEI). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-9.

Faisal, P. R. (2018). Pengaruh ROA, ROE, NPM,Dan EPS Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-19.

Junaeni, I. (2017). Pengaruh EVA, ROA, DER Dan TATO Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI). Riset dan Jurnal Akuntansi, 12.

Monica, d. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Tata Kelola Perusahaaan Pada Industri Telekomunikasi di BEI. Jurnal Akuntansi, 7.

Muliasari, d. (2020). Penilainan Harga Saham Telekomunikasi Menggunakan Pendekatan Rasio Keuangan. Jurnal Personalia, Financial, 5.

Rachmawati, A. T. (2019). Pengaruh EPS, ROA, ROE,Dan TAT Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di BEI. Universitas Telkom, 16.

Sari, H. P. (2019). Pengaruh ROA, ROE, Dan NPM Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu dan Manajemen, 1-15.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sri Elviani, d. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 1-11.

Syarif. 2014. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Dendawijaya, L. (2003). Manajemen Perbankan. Jakarta: Edisi Kesepuluh Erlangga.

www.idx.co.id

www.sahamok.co.id

www.cncindonesia.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i3.5809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id