UPAYA MEMPERTAHANKAN HASIL PENJUALAN DIMASA PANDEMI COVID 19 (STUDY PADA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DESA CREWEK KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN)

Aisyah Pradani Lukito, Edy Mulyantomo, Sri Yuni Widowati

Abstract


Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional Desa Crewek kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak adanya pandemi Covid-19 terhadap hasil penjualan serta upaya yang dilakukan pedagang pasar tradisional Desa Crewek kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan dalam mempertahan hasil penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, dengan pengumpulan datanya menggunakan Teknik wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Sumber data penelitian dalam wawancara mendalam adalah partisipan yang memiliki posisi atau kewenangan pada obyek penelitian yaitu sebanyak 7 (tujuh) partisipan yang didasarkan pada prinsip kesesuaian (appropriateness) dan kecukupan (adequacy). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penurunan pendapatan dari pedagang pasar tradisional Desa Crewek kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan semenjak adanya pandemi Covid-19. Serta pengurangan jumlah produksi dan juga produk yang dipasarkan merupakan upaya pedagang pasar tradisional Desa Crewek kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan untuk mempertahanankan hasil penjualan.

Kata Kunci:

Pandemi Covid-19; pasar; strategi bertahan; strategi


Full Text:

PDF

References


Afidah, A. (2021). Strategi Bertahan Pedagang Pasar Tradisional Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Desa Jejeg Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal).

Astuti. (2021). Pola Interaksi Antara Pedagang Dan Pembelipada Masa Pandemi Covid 19studi Kasus Di Pasar Sentral Palopo.

Bachri, B. S. (N.D.). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.

Dewi, I. K. (2019). Pemasaran Dan Manajemen Pasar Sebuah Analisis Perspektif Terhadap Minat Beli Dan Kepuasan Konsumen. Sleman: Deepublish.

Faisal Hardiansyah, D. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3.

Heryana, A. (2018, Desember). Informan Dan Pemilihan Informasi Dalam Penelitian Kualitatif.

Ismi Octaviani, D. (2020, Agustus). Strategi Adaptasi Pedagang Tradisional Saat Pandemi Covid-19. Edukasi Ips, 4.

Kibtiyah, M. (2021, Mei). Strategi Bertahan Pedagang Pasar Tradisional Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Pasar Tradisional Daerah Haurgeulis Kabupaten Indramayu Menurut Perspektif Ekonomi Islam.

Maryani, S. (2021). Strategi Pemasaran Pedagang Ikan Asin Melalui Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu).

Nisa, N. Z. (2021, Januari). Eksistensi Pedagang Pasar Tradisional Mleto Di Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya Pada Masa Pandemic Covid 19 Dalam Perspektif Teori Tindakan Sosial Max Weber.

Novianti, M. (2019). Mengungkap Keberhasilan Strategi Pemasaran Toko Parfume Refil Lancar Abadi .

Nurainun. (2021). Strategi Adaptasi Pedagang Pasar Tradisional Malam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Tanjung Mulia Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara .

Pedoman Penyusunan Skripsi Metode Studi Kasus. (2021, Oktober).

Robert Sinaga, D. (2020, Oktober). Pengaruh Pandemi Virus Corona (Covid 19) Terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Dan Buah Dipasar Tradisional Pajak Pagi Pasar V Padang Bulan. Regionomic, 2.

Setia Ahmad Saepul, D. (2019, Juni). Analisis Faktor - Faktor Penetapan Lokasi Strategis Perusahaan Pt. Pos Indonesia Cabang Ciamis Sebelum Dan Sesudah Renovasi (Studi Kasus Pada Pt. Pos Indonesia Cabang Kantor Pos Ciamis). 1.

Susanto, R. Y. (2018). Potensi Pasar Tradisional Blimbing Bagi Masyarakat Di Sekitar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i4.5775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.