ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Aulya Nurul Husna, Siti Hayati Efi Friantin

Abstract


Penelitian ini untuk menguji dampak dari pengadopsian Employee Stock Ownership Program, dengan membandingkan Kinerja Keuangan antara sebelum dan sesudah menerapkan Employee Stock Ownership Program pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengetahui perbedaan Kinerja Keuangan dua tahun sebelum dan dua tahun sesudah menerapkan Employee Stock Ownership Program. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Data diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit pada Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, normalitas dan paired sampel test. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang mengadopsi Employee Stock Ownership Program periode 2002-2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 perusahaan menerapkan metode purposive sampling. Hasil penelitian   menunjukkan bahwa variabel independent dengan proksi Return On Assets tidak terdapat perbedaan yang signifikan, Return on Equity tidak terdapat perbedaan yang signifikan, Debt to Equity Ratio tidak terdapat perbedaan yang signifikan dan Current Assets tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menerapkan Employee Stock Ownership Program.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i2.5217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.