Mengungkap Keberlangsungan Warung Makan Nasi Pindang Pak Ndut Dalam Mempertahankan Usahanya Selama 51 Tahun

susanto santo, Puji Eni Marlina

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Warung Makan Nasi Pindang Pak Ndut, Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Warung Makan Nasi Pindang Pak Ndut mampu menjaga keberlangsungan usahanya selama 51 tahun.

                              Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan dengan bentuk rumusan masalah pada studi kasus. Dalam menetapkan irforman peneliti menggunakan purposive sampling atau teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Informan yang dipilih yauitu pemilik dan pelanggan, jadi total ada 5 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode (wawancara, observasi, dan dokumentasi).

                              Dari hasil penelitian ini menunjukkan Warung Makan Nasi Pindang Pak Ndut mampu menjaga keberlangsungan usahanya selama 51 tahun dengan cara menjaga kualitas produk yaitu menjaga cita rasa dari resep keluarga agar tidak berubah-ubah, memberikan pelayanan yang baik agar pelanggan merasa puas sehingga bisa memberitahu orang lain dengan hanya bercerita biasa tentang cita rasa produk, memberikan harga yang terjangkau dan selalu bersunguh-sungguh dalam bekerja.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i3.5172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id