PENGARUH FAKTOR PERILAKU YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENELITIAN DOSEN DENGAN NIAT MENELITI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Universitas Semarang)

Johanis Souisa, Laurene Istiyawari, Erlina Dewi Endah Amaliyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mendiskripsikan pengaruh faktor individu, faktor psikologi, dan faktor lingkungan organisasi   sebagai faktor perilaku terhadap kinerja penelitian dan publikasi dosen sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang merupakan dosen tetap universitas semarang, sedangkan Teknik sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi Linier Berganda, dengan metode analisis deskriptif dan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 21.0. Hasil hipotesis menunjukkna adanya pengaruh faktor individu, faktor psikologi, faktor lingkiungan organisasi, dan faktor niat meneliti secara signifikan. Angka adjusted R square menunjukkna bahwa variabel kinerja penelitian dosen dapat dijelaskan melalui ketiga variabel independent dalam persamaan regresi. Dengan menggunakan faktor niat meneliti sebagai mediasi   bisa berkontresbusi dalam mengisi cela penelitian dari penelitian-penelitian terdahulu.

 

Keyword: Faktor Individu; Faktor Psikologis; Faktor Lingkungan;   Faktor Niat Meneliti; Kinerja Penelitian Dosen.      


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i2.5168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.