MENGUNGKAP RAHASIA KESUKSESAN MANIS LEGITNYA MADU PETERNAK LEBAH DI DESA GADU KEC. GUNUNGWUNGKAL KAB. PATI JAWA TENGAH (Studi Kasus Usaha Ternak Lebah Madu Di Desa Gadu Kec. Gunungwungkal Kab. Pati Jawa

Edy Mulyantomo, Ardiani Ika Sulistyawati Ika Sulistyawati, Vinka Dewi Adi Mulya

Abstract


Penelitian ini dilakukan di usaha Ternak Lebah Madu Di   Desa Gadu Kec. Gunungwungkal Kab. Pati Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis rahasia kesuksesan manis legitnya madu peternak lebah di Desa Gadu Kec. Gunungwungkal Kab. Pati Jawa Tengah.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, dengan pengumpulan datanya menggunakan Teknik wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Sumber data penelitian dalam wawancara mendalam adalah partisipan yang memiliki posisi atau kewenangan pada obyek penelitian yaitu sebanyak 5 (lima) partisipan yang merupakan para peternak lebah yang sekaligus pemilik usaha madu di Desa Gadu Kec. Gunungwungkal Kab. Pati Jawa Tengah.

Dari hasil penelitian ini faktor-faktor yang menjadi rahasia kesuksesan usaha madu di Desa Gadu karena adanya strategi yang digunakan para peternak lebah di Desa Gadu, di antaranya strategi untuk meningkatkan produksi madu dengan kualitas yang lebih baik, strategi pengembangan ternak lebah serta strategi untuk tetap bertahan di ternak lebah madu ini yang membuat usaha madu di Desa Gadu Kec. Gunungwungkal Kab. Pati Jawa Tengah menjadi sesuk.

Kata kunci: Kesuksesan usaha, Strategi Meningkatkan Produksi, Strategi Pengembangan, Strategi Bertahan.

Full Text:

PDF

References


Aji, S. P., Mulyadi, H., & Widjajanta, B. (December 2018). Keterampilan Wirausaha Untuk Keberhasilan Usaha. Journal Of Business Management Education, Volume 3, Number 3.

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori- Konsep- Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ananda, M.Pd, R., & Rafida, M.Hum, D. (2016). Pengantar Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing.

Basrowi, S., Basrowi, & Suranto. (2012). Manajemen Pendidikan Penelitian . Insan Cendekia.

Daryanto, & Cahyono, D. A. (2013). Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media.

Dwiputri, R., Maryati, S., & Miharja, D. L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi. Universitas Mataram.

Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan Teori, Kasus, Dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Genjik, B., Wulandari, A. F., & Rustiyarso. (2014). Analisis Keberhasilan Wirausaha Laundry Alumni. Fkip Untan, 2.

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

J.Moleong, & Lexy. (2014). Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. Pt Remaja Rosdakarya. Bandung.

Kompas. (2020, Juli 07). Produksi: Pengertian, Tujuan, Dan Faktornya. Dipetik November 10, 2021, Dari Https://Www.Kompas.Com/: Kompas.Com/Skola/Read/2020/07/07/203500169/Produksi--Pengertian-Tujuan-Dan-Faktornya

Riadi, M. (2020, Maret 22). Pengembangan Usaha (Pengertian, Jenis, Strategi Dan Tahapan). Dipetik November 10, 2021, Dari Kajianpustaka: Https://Www.Kajianpustaka.Com/2020/03/Pengembangan-Usaha-Pengertian-Jenis-Strategi-Dan-Tahapan.Html?M=1

Safitri, W., & Susanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Pelita Bangsa, 2-3.

Saragih, Rintan. ( 2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Stie Lmii Medan , Vol 3 No. 2.

Sopiana , & Sadjiarto, A. (2021). Karakteristik Kewirausahaan Dan Implikasinya Padakeberhasilan Usaha Favor Cafe Salatiga. Jurnal Manajemen Kewirausahaan , Vol. 18 No. 01.

Sudiarta, P. E., Kirya, K., & Cipta, W. (2014)). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerjausaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Bangli . E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharyono. (2017 ). Sikap Dan Perilaku Wirausahawan . Jurnal Ilmu Dan Budaya, Vol. 40, No.56.

Sulistyowati, E., & Lestari , N. S. (2016). Faktor - Faktor Penentu Keberhasilan. Jurnal Maksipreneur,, Vol. Vi, No. 1.

Suryana. (2014). Kewirausahaan, Edisi Iv. Jakarta: Salemba Empat.

Wardiyanta, Septiyani, R., & Sri Rejeki, M. E. (2020). Studi Kasus Kualitatif Keberhasilan Restoran Non Waralaba Di Yogyakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.7 .

Aji, S. P., Mulyadi, H., & Widjajanta, B. (December 2018). Keterampilan Wirausaha Untuk Keberhasilan Usaha. Journal Of Business Management Education, Volume 3, Number 3.

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori- Konsep- Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ananda, M.Pd, R., & Rafida, M.Hum, D. (2016). Pengantar Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing.

Basrowi, S., Basrowi, & Suranto. (2012). Manajemen Pendidikan Penelitian . Insan Cendekia.

Daryanto, & Cahyono, D. A. (2013). Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media.

Dwiputri, R., Maryati, S., & Miharja, D. L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi. Universitas Mataram.

Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan Teori, Kasus, Dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Genjik, B., Wulandari, A. F., & Rustiyarso. (2014). Analisis Keberhasilan Wirausaha Laundry Alumni. Fkip Untan, 2.

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

J.Moleong, & Lexy. (2014). Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. Pt Remaja Rosdakarya. Bandung.

Kompas. (2020, Juli 07). Produksi: Pengertian, Tujuan, Dan Faktornya. Dipetik November 10, 2021, Dari Https://Www.Kompas.Com/: Kompas.Com/Skola/Read/2020/07/07/203500169/Produksi--Pengertian-Tujuan-Dan-Faktornya

Riadi, M. (2020, Maret 22). Pengembangan Usaha (Pengertian, Jenis, Strategi Dan Tahapan). Dipetik November 10, 2021, Dari Kajianpustaka: Https://Www.Kajianpustaka.Com/2020/03/Pengembangan-Usaha-Pengertian-Jenis-Strategi-Dan-Tahapan.Html?M=1

Safitri, W., & Susanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Pelita Bangsa, 2-3.

Saragih, Rintan. ( 2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Stie Lmii Medan , Vol 3 No. 2.

Sopiana , & Sadjiarto, A. (2021). Karakteristik Kewirausahaan Dan Implikasinya Padakeberhasilan Usaha Favor Cafe Salatiga. Jurnal Manajemen Kewirausahaan , Vol. 18 No. 01.

Sudiarta, P. E., Kirya, K., & Cipta, W. (2014)). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerjausaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Bangli . E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharyono. (2017 ). Sikap Dan Perilaku Wirausahawan . Jurnal Ilmu Dan Budaya, Vol. 40, No.56.

Sulistyowati, E., & Lestari , N. S. (2016). Faktor - Faktor Penentu Keberhasilan. Jurnal Maksipreneur,, Vol. Vi, No. 1.

Suryana. (2014). Kewirausahaan, Edisi Iv. Jakarta: Salemba Empat.

Wardiyanta, Septiyani, R., & Sri Rejeki, M. E. (2020). Studi Kasus Kualitatif Keberhasilan Restoran Non Waralaba Di Yogyakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.7 .

Widodo, A. S. (2012). Buku Ajar Kewirausahaan. Yogyakarta: Jaring Inspiratif.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i3.4618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id