PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Laurene Istiyawari, Mohammad Rafli Hanif, Agus Nuswantoro

Abstract


Keputusan pembelian merupakan proses integrasi yang digunakan untuk mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih satu di antaranya. Jika konsumen mempunyai pilihan antara melakukan pembelian dan tidak melakukan pembelian, maka kosumen tersebut berada dalam posisi untuk mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kuepasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan . Penelitian ini menggunakan metode survey terhadap konsumen yang menggunakan jasa di Andhika Barokah Bengkel Semarang pada saat penelitian berlangsung dengan jumlah sebesar 96 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda, dimana sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji validitas, uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas, yaitu kualitas pelanggan (X1), harga (x2) dan kepuasan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) secara parsial maupun stimultan (bersama-sama). Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,708 yang artinya 70,8 persen variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelanggan (X1), harga (x2) dan kepuasan (X3) sedangkan sisanya sebesar 29,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i3.4053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.