STRATEGI BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS WEDANG REMPAH MBAH KUNG)
Abstract
Kajian ini dilaksanakan pada usaha Wedang Rempah MBAH KUNG Pedurungan, Semarang. Kajian tersebut bertujuan dalam rangka mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Wedang Rempah MBAH KUNG dalam meningkatkan volume penjualan serta tatacara untuk berhadapan didalam kompetisi bisnis yang setipe. Strategi yang digunakan oleh Wedang Rempah MBAH KUNGialah penggunaan campuran pemasaran 4p berupa product, price, promotion, place.
Kajian tersebut memakai metode penelitian kualitatif serta desain penelitiannya yang digunakan adalah studi kasus. Didalam penentapan responden, penelitinya memakai metode purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Informan yang dipilih ialah pemilik, 2 karyawan, serta 2 konsumen di Wedang Rempah MBAH KUNG. Metode pengumpulan datanya digunakan lewat wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknis analisis datanya dilakukan lewat tehnik triangulasi.
Berdasarkan pada hasil kajian tersebut bisa dideteksi dimana strategi pemasarannya memakai 4p ialah product, price, promotion, place, strategi yang dipakai dari pengusahanya telah dijalankan dengan baik. Dimana keempat variabelnya tersebut saling mendukung serta melengkapi, agar bisa melakukan peningkatan terhadap volume penjualannya dari Wedang Rempah MBAH KUNG.
Full Text:
PDFReferences
Andini, Aditiya. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia,Surabaya:Prima Media.
Angipora, Marius p. (2002). Dasar-dasar Pemasaran,Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Assauri, S. ( 2009). Manajemen Pemasaran,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran,Sari Kuliah Satu Nusa,Bandung.
Dewi Jayanti Mandasari, Joko Widodo,Sutrisno Djaja. Strategi Pemasaran Usaha Mikro,Kecil,Dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso .Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,Ilmu Ekonomi,Dan Ilmu Sosial,ISSN 1907-9990,Vol.13.No. 1. Hal 123.
Dharmmesta, B. (2017). Manajemen Pemasaran (2 ed.).Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Firna M.A.Poluan,Silvya L.Mandey,Imelda W.J.Ogi. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Mmeningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instan Alvaro) .Jurnal EMBA,ISSN :2303-1174,Vol.7 Nomor 3 Hal. 2969 2978.
Kotler, Keller.(2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 , Jilid 1 , PT. Indeks. Jakarta.
Rangkuti, f. (2009). Strategi promosi yang Kreatif danAnalisis kasus integratedmarketing communications,PT. Gramedia Pustaka Utama. 1-6, Jakarta.
Samamkmur. (2021). Peranan Strategi Bauran Pemasaran Meningkatkan Voulme Penjualan Toko Hendra .Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan,E.ISSN.2614-6061,P.ISSN.2527-4295,Vol.9 No.2 hal 332.
Sugiannor., J. B. (2018). "Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada CV.PARIS BANJARBARU".Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis,ISSN 2615-2134,Jilid 4,Nomor 2018,Hal 058-068.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif, dan R & D. Alfabeta:Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Alfabeta: Bandung.
Sunarto. (2003). Manajemen Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-UST.
Suryana. (2014). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Sutarso, S. d. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, F. ((2008)). Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i3.3967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ferdian Juliandi, Asih Niati, Citra Rizkiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |