STRATEGI PENJUALAN ANEKA JAJANAN TRADISIONAL (Studi Kasus Pada Toko Novi Snack Cabang Tlogosari)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan disalah satu toko aneka snack yang berada di Semarang yaitu Novi Snack Tlogosari. Mengenai penerapan atau penyusunan strategi penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penyusunan strategi penjualan dan apa yang menghambat dan mendukung penerapan steategi penjualan pada toko Novi Snack Tlogosari. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian informan didasarkan pada perbandingan dengan berbagai sumber, metode atau teori. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang. Dari hasil kegiatan penelitian ini menunjukan bahwa penyusunan atau penerapan strategi penjualan aneka jajanan tradisional pada Toko Novi Snack Tlogosari berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Dan terbukti mampu meningkatkan pendapatan dan penjualan di Toko Novi Snack Tlogosari.
Keyword : strategi penjualan, segementasi pasar, diferensiasi produk.
Full Text:
PDFReferences
Feri Kusnandar,Ni huh Puspitasari,Winarno.1995.Prosiding widyakarya nasional khasiat makanan tradisional. Jakarta: Kantor Menteri Negara Urusan Pangan.
Akkas. 2016. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Kepuasaan Pelanggan Membeli Mobil Pada P.T. Hadji Kalla Cabang Palu. Palu: Jurnal Katalogis. Volume. 4, Nomor 1.
Anggarsari, Fitri. 5 Manfaat Persaingan Dalam Berbisnis, diakses dari https://zahiraccounting.com/id/blog/5-manfaat-persaingan-dalam-berbisnis/, pada 2 Desember 2019.
Anitasari, Nuraini. Memahami Pentingnya Segmentasi Pasar Pada Perusahaan, diakses dari https://zahiraccounting.com/id/blog/segmentasi-pasar-padaperusahan /, pada 2 Desember 2019.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Perilaku Konsumen, (Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET, 2013), hal. 99
Philip Koter dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edsisi Ketiga Belas, (Jakarta: Erlangga, 2008), hal.143
Rambat Lupiyadi dan A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, (Jakarta: Salemba Empat, 2009), hal. 182
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, (Yogyakarta: Bayu Medi publishing, 2008)
Kumalasari, Riesta Devi. Pemilihan Lokasi Usaha Sabagai Salah Satu Strategi Dalam Business Start Up, diakses dari https://binus.ac.id/malang/2017/06/pemilihan-lokasi-usaha-sebagai-salahsatu-strategi-dalam-business-start-up/, pada 3 Desember 2019.
Maulina, Rishna. Struktur Organisasi Perusahaan yang ideal & Dapat Anda Tiru!, diakses dari https://www.google.com/amp/s/sleekr.co/blog/strukturorganisasi-perusahaan-yang-ideal/amp/, pada 2 Desember 2019.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Navisha, Calya Puri. Bagaimana Cara Menyusun Starategi Pemasaran?, diakses dari https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-menyusun-strategipemasaran/13589, pada 2 Desember 2019.
Noviyanto. Analisis Kompetitor Sebelum Memilih Bisnis, diakses darihttps://koinworks.com/blog/analisis-kompetitor-sebelum-memilih-bisnis/, pada 2 Desember 2019. Pariwara, Gema. Faktor Penentu Kompetitor.
Waringin, Tung Desem. Hal yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Bisnis, diakses dari https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3371609/hal-yang-mempengaruhi-keberhasilan-dan-kegagalan-bisnis, pada 3 Desember 2019.
Wibowo, Komariah, Kurniasih dkk. 2014. Strategi Promosi Perpustakaan
Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Jakarta: Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Vol.2, No. 1.
Widharta dan Sugiharto. 2013. Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Surabaya: Jurnal Manajemen
Pemasaran Petra. Vol.2, No. 1.
Sleekr, 5 Tantangan Menjalankan Usaha Bidang Jasa, diakses dari https://www.google.com/amp/s/sleekr.co/blog/tantangan-menjalankanusaha-bidang-jasa/amp/, pada 3 Desember 2019.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta
Sundalangi, Mandey, Jorie. 2014. Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pizza Hut Manado .Manado: Jurnal EMBA. Vol.2, No. 1:313-324.
Subagno, Nur Aini, Indra Bastian. Akuntasi Manajemen Berbasis Desain, diakses
darihttps://books.google.com/books/about/Akuntansi_Manajemen_Berbasis_Desain.html?id=PfZaDwAAQBAJ, pada 3 Desember 2019.
Waringin, Tung Desem. Hal yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Bisnis, diakses dari https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3371609/hal-yang-mempengaruhi-keberhasilan-dan-kegagalan-bisnis, pada 3 Desember 2019.
Wibowo, Komariah, Kurniasih dkk. 2014. Strategi Promosi Perpustakaan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Jakarta:Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Vol.2, No. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i4.3903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edy Mulyantomo, Sri Yuni Widowati, Novia Diah Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |