IMPLEMENTASI MARKETING MIX DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PADA KEDAI BIKANG DAN PUKIS IRAK SEMARANG

Ela Marta Cahyaningrum, Dwi Widi Pratito sri Nugroho, Edy Suryawardana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Kedai Bikang dan Pukis Irak Semarang dalam mempertahankan eksistensi bisnis serta faktor yang mendorong dan menghambat dalam implementasi strategi pemasaran yang telah ditetapkan oleh Kedai Bikang dan Pukis Irak Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deksriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta- fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang ditetapkan oleh Kedai Bikang dan Pukis Irak Semarang terkait produk, harga, lokasi. Produk yang dijual sangat bervariatif serta Kedai Bikang dan Pukis Irak Semarang tetap mencoba berinovasi untuk menambah varian produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Harga yang ditetapkan juga relatif murah karena memiliki kerjasama oleh toko yang mejual bahan baku. Sedangkan untuk lokasi yang dipilih sebagai kedai mempunyai posisi yang sangat strategis didukung oleh rendahnya harga sewa lahan. Sedangkan promosi yang dipakai adalah memanfaatkan media sosial seperti instagram, WA serta GoFood dan Grab Food yang mempu menyerap konsumen lebih luas.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alkim. (2005). Pemberdayaan Home Industri pada Masyarakat Pesisir. Jakarta: Gramedia.

Amstrong, K. d. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen Edisi 14. Jakarta: Erlangga. Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Bonar, W. D. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran. Bandung: Karya Putra Darwanti. Daniel, C. W. (2001). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Fahlevi, E. S. (2016). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume pada PT. Indocitra Niaga Jaya Banjarmasin.

Fandy, T. (2008). Strategi Pemasaran . Yogyakarta: Andi.

Ginting, N. A. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya. Hamdani, R. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Irawan, B. S. (2005). Asas-Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Imron, M dan Wibowo, P.A., (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan Usaha (Studi pada Warung Nasi Kucing di Kabupaten Jepara). Jurnal Dinamika Bisnis dan Ekonomi, Vol 5 (2), DOI: https://doi.org/10.34001/jdeb.v5i2.156

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Rapini, T. dan Farida, U (2016). Eksistensi Industri Sate Ayam Ponorogo dan Peran Anggota Keluarga Dalam Menjalankan Bisnis. Ekuilibrium, Vol 10, No 2, DOI: 10.24269/ekuilibrium.v10i2.48

Matsui, R. T. (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 1.Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Susilo, Y. S. (2010). Strategi Bertahan Industri Makanan Skala Kecil Pasca Kenaikan Harga Pangan dan Energi di Kota Yogyakarta.

Umar, H. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Umar, L. s. (2015). Strategi Pemasaran Home Industry Pengrajin Anyaman Bambu di Desa Gintangan Kecamatan Rogojampi Banyuwangi.

Weitz, L. a. (2007). Retail Management 6th Edition. United State of America: McGraw-Hill International.

Wibowo, M. I. (2008). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi tingkat Keberhasilan Usaha (Studi Pada Warung Nasi Kucing di Kabupaten Jepara).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i4.3761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id