Analisis Efisiensi Dan Efektifitas Pengelolaan Dana Desa (Study Empiris Dana Desa di Desa Tegalarum Kabupaten Demak Tahun 2016-2020)

Ali Khadlirin, Edy Mulyantomo, Sri Yuni Widowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efisiensi dan efektivitas pengolahan Dana Desa di Desa Tegalarum, Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kombinasi (Mix Methods), yaitu menganalisis data target, antara realisasi belanja dan pendapatan dengan menggunakan rasio efisiensi dan efektivitas, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.690.900-327 tahun 1996 serta melengkapi dengan data wawancara.

Pengambilan data menggunakan model Sequential Explanatory Design, dimana model tersebut bercirikan pengumpulan data dan analisis data kuantitatif pada tahap pertama, dan diikuti dengan pengumpulan dan analisi data kualitatif pada tahap kedua, guna memperkuat hasil penelitian kuantitatif yang dilakukan pada tahap pertama. Penelitian dilakukan di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Pemilihan lokasi ditetapkan secara sengaja (purposive), yaitu pengambilan lokasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat rata-rata efisiensi pengelolaan Dana Desa di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak sebesar 95,57% yang memenuhi kriteria efeisien, dan tingkat rata-rata efektivitas sebesar 95,60%, termasuk dalam kategori efektif.

Kata Kunci : Dana Desa, Efisiensi, Efektivitas, Desa Tegalarum.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.