Strategi Pemasaran Digital Peternakan Pada Produk Susu Perah Sapi(Studi Kasus : CV Langgeng Tani Makmur)

adhi widyakto, Endang Tri Widyarti

Abstract


Abstract  

 Offline marketing on farm products needs high cost. The high cost of marketing results in a less competitive selling price. Digital marketing is the right solution to this problem. This study aims to analyze the right digital marketing strategy for the company. The analytical method used is the analysis of Sostac.. The research result states that the company combines offline and online marketing. The media used are the marketplace and social media. The marketplace dairy focused on providing complete information regarding massive products and promotions to drive sales transactions. Meanwhile, Social media facebook is focused on building relationships with customers and personal closeness to create customer loyalty.

Keywords: on dairy product, digital marketing, marketing management

 

Abstrak  

Pemasaran offline dalam produk peternak susu sapi perah telah memakan banyak biaya. Tingginya biaya pemasaran berdampak pada harga jual yang kurang kompetitif. Pemasaran digital menjadi solusi yang tepat dalam permasalahan ini. Tujuan dari penelitian ini buat analisis strategi pemasaran digital paling tepat untuk perusahaan. Metode yang dipakai adalah analisis sostacs. Hasil penelitian menyebutkan bahwa perusahaan mengkombinasikan pemasaran offline dan online. Media yang digunakan adalah marketplace dan sosial media. Marketplace peternak susu sapi perah dan media sosial facebook difokuskan untuk memberi informasi yang lengkap terkait produk dan promosi yang massif untuk meningkatkan penjualan. Sementara media sosial whatsapp lebih difokuskan untuk membangun relasi dan kedekatan personal untuk menciptakan loyalitas pelanggan

Kata kunci: Produk Susu Sapi Perah, Pemasaran Digital, Manajemen Pemasaran


Full Text:

PDF

References


Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E - Commerce Berbasis M arketplace Dalam Upaya Mempersingkat. Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2), 131 136.

Berita Terkini Ekonomi dan Bisnis Indonesia - Katadata. (n.d.).

Chaffey, D. Chadwick, F. Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Prentice Hall.

Chaffey, D & Smith, P. (2008). E-marketing : Excellence. Butterworth-Heinemann.

Dharmmesta, Basu S,. Handoko, H. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. In Basu Swastha. BPFE.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Debby Arisandi Halaman 61 dari 76 JMD. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61 76. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Finansialku. (n.d.).

Handoko, K. F. (2017). PENGARUH DESAIN VISUAL KEMASAN , KUALITAS INFORMASI , SERUNDENG MR. GORA SECARA ONLINE. Jurnal Manajemen Dan Start Up Bisnis, 2.

Kotler, Philip,. Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Prentice.

Kusdiartini, V., & Anugraheni, D. T. (2018). Preferensi konsumen terhadap media sosial dalam mencari dan membeli produk secara online. Ekonomi Dan Bisnis, 21(September), 8 17.

Lasmadiarta, M. (2011). Extreme Facebook Marketing for Giant Profits. Elex Media Komputindo.

Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science, 6(1), 59 65.

Muttaqin, Z. (2012). Facebook Marketing Dalam Komunikasi Pemasaran Modern. Teknologi, 1(2), 103 109. https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.63

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71 90. www.queenova.com,

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(July).

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.