Kajian Pengendalian Internal Persediaan Barang Logistik dan Upaya Pencegahan Fraud pada Bagian Logistik : Studi pada Instalasi Murai RSUP dr.Karyadi Semarang

Nastiti Kusuma Winardi, Saifudin Saifudin

Abstract


Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr.Kariadi Semarang pada instalasi murai di bagian logistik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengendalian internal barang logistik yang ada pada instalasi murai dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi fraud.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sumber data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian informan didasarkan pada pengendalian internal dan upaya pencegahan fraud.

Dasar prinsip informan di dalam penelitian ini ada 3 orang.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian internal belum berjalan dengan baik, masih terdapat kecurangan yang dilakukan oleh pegawai gudang, adanya selisih stok fisik dengan kartu stok, hal ini menyebabkan data laporan stok barang bulanan tidak sesuai dengan stok fisik yang ada, dan akibat dari kesalahan informasi ini berpengaruh kepada laporan akuntansi perusahaan, pemasukan barang tidak sesuai dengan pengeluaran barang.

 

Kata kunci: Pengendalian Internal, Persediaan Barang, Logistik, Fraud.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.