Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang

asah wiari sidiq, Muryanto Agus Nuswantoro

Abstract


Covid-19 mengakibatkan kebijakan Work From Home (WFH) termasuk dunia pendidikan. Penggunaan media pembelajaran (elearning) adalah proses belajar mengajar dengan menggunakan peralatan elektronika dengan cara menciptakan dan mengembangkan metode jarak jauh dengan tujuan pendistribusian materi untuk memudahkan dalam pembelajaran. Tujuan menggunakan media pembelajaran elektronik (E-Learning)   akan memberikan dampak dalam memotivasi belajar untuk berprestasi.

 

Analisis yang digunakan untuk menguji validitas, reliabilitas serta regresi berganda menggunakan SPSS dengan data primer yang berasal dari kuesioner mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang dengan sampel sebanyak 85 mahasiswa.

 

Penelitian ini menyatakan ada pengaruh yang positif dari media pembelajaran (elearning) terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai signifikan < 5%, motivasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar namun tidak signifikan. Sedangkan media pembelajaran (elearning) dan motivasi berpengaruh yang positif terhadap prestasi belajar dengan kontribusi nilai  68,3% dan 32,7% selebihnya dipengaruhi indikator lain yang tidak dimasukan didalam penelitian.

 

Kata kunci : Pembelajaran, media pembelajaran, motivasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI: Journal of business and economic
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id