Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi terhadap Prestasi Kerja Penyuluh Keluarga Berencana di Kabupaten Temanggung dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening

Fitri Lukiastuti

Abstract


Penyuluh Keluarga Berencana bertanggung jawab melakukan kegiatan penyuluhan, pelayanan, penggerakan, evaluasi, dan pengembangan Program Keluarga Berencana Nasional. Namun jumlah mereka terbatas, sementara wilayah yang menjadi tanggung jawabnya sangat luas. Oleh karena itu penelitian ini menguji pengaruh self efficacy dan motivasi terhadap prestasi kerja Penyuluh Keluarga Berencana di Kabupaten Temanggung dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Penyuluh Keluarga Berencana sejumlah 43 orang. Teknik yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana semua populasi menjadi sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, selanjutnya dilakukan analisis jalur dengan bantuan SPSS 20 dan sobel test untuk uji mediasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa self efficacytidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan juga prestasi kerja. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan prestasi kerja. Kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja. Kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh self efficacy dan motivasi terhadap prestasi kerja.


Full Text:

PDF

References


AA., Agitha, (2016) Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum di Kota Bandung , Tesis Sekolah Pascasarjana IPB, 2016.

Abdul Azis M., 2016. Pengaruh Motivasi Kerja, disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerha Melalui Kepuasan Kerja Para Pegawai Puskesmas Balapulang Kabupaten Tegal. Multiplier, vol. 1 No. 1, November 2016.

Afriyanti, TW., Sugmawati, D., (2018) Pengaruh Self Efficacy terhadap In-Role Performance Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderator , Jurnal Administrasi bisnis (JAB) Vol. 61, No. 4, Agustus 2018).

Anoraga, Panji, (2009) Psikologi Kerja, Rineka Cipta, Jakarta.

Ariyanti, (2016) Kinerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Desa Pakawa Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara , E-Jurnal Katalogis, Col.4, No. 4, April 2016).

Bandura, A, (1997), Self Efficacy, The Exercise of Control, W.H. Freeman and Company, New York.

Bappeda Temanggung, (2018) Evaluasi RPJMD Tahun 2017.

Bayu Dwi Laksono dan Corry Yohana, 2017. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan, dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada PT. BNI Lifeinsurance Jurnal Pendidikan Ekonomi dan bisnis (JPEB) Vol.5 1 Maret 2017.

BKKBN Perwakilan Jawa Tengah, (2019) Bahan Rakor Pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN, (2015) Renstra BKKBN 2015-2019.

Dewi, Purnama, Dewi, Manuarti, (2015) Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Kerja Pada Kepuasan Kerja Karyawan Happy Bali Tour & Travel Denpasar , Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 9, No.1, Februari 2015.

Diyanti, Hubeis, M., Affandi, (2017) Pengaruh Motivasi Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Implikasinya Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Institut Pertanian Bogor , Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 3, September 2017).

Edy, Sutrisno, (2011) Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana, Jakarta.

Ghozali, Imam., 2017, Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24, Edisi 7, Semarang, BP UNDIP.

I Wayan Juniatara, I Gede Riana, 2015. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Koperasi di Denpasar. E-Jurnalekonomi dan bisnis Universitas Udayana 4.09 (2015).

Jouita Victoria Pattynama, Christoffel Kojo, dan Agusta L. Repi, 2016. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Badan Perpustakaan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMB Vol. 4 No. 1 Maret 2016.

Lidia Lusri dan Hotlan Siagian, 2017. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Karyawan PT. Borwita Citra Prima Surabaya. Jurnal Agora vol.5 No.1, 2017.

Luthans, F. (2014). Organizatonal behavior. Singapore: Mcgraw Hill Book co.

Munandar, A.S. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Ni Made Sintya Dewi dan I Gede Adnyana Sudibya, 2016. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Orgazational Citizenship Behavior dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 11, 2016.

Nur Dwi Pujiyanto, Dyah Retna Puspita, dan Bambang Tri Harsanto, 2017. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Lingkungan Kerja, dan Persepsi Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja PenyuluhKeluargaBerencana. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik Vol.30, No. 3, tahun 2017.

Pulungan, Nurmadhiyah, 2017. Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerha Pemeriksa BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung. Tesis Program Pasca sarjana Magister Manajemen Universital Lampurng, 2017.

Raharjo, Sahid (2014) Cara uji Analisis Jalur (Path Analisys) dengan SPSS Lengkap , tersedia di www.spssindonesia.com (diakses 30 Juli 2019).

Raharjo, Sahid (2014) Uji Validitas dan Reliabilitas , tersedia di www.spssindonesia.com (diakses 30 Juli 2019).

Robbins, Stephen, (2017) Perilaku Organisasi Edisi 16, Salemba Empat, Jakarta.

Rokhilah, 2014. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Penyuluh Lapangan Program Keluarga Berencana (PLKB) di Kabupaten Pemalang. Media Ekonomi dan Manajemen Vol. 29 No. 1 Januari 2014.

Sugiyono, (2011) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Sulaiman, 2014. Pengaruh Pemberdayaan, Self Efficacy, dan Budaya Organisasi terhadap Kineeja Karyawan PT. Surya Madistrindo Cabang Lhokseumawe dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntasi Vol 4 N0. 1, Juni 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i2.2957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.