STRATEGI PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG

Susanto Susanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada pengguna angkutan BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan BRT Trans Semarang.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian informan didasarkan pada prinsip kesesuaian (appropriateness) dan kecukupan (adequacy). Dasar prinsip informan didalam penelitian ini ada 6 orang.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa upayaa yang dilakukan oleh BRT Trans Semarang dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dianataranya yaitu penerapan   tarif Trans Semarang   yang terjangkau, memberikan kenyamanan berupa fasilitas-fasilitas yang memadai dan menjamin keamanan di dalam bis seperti terpisahnya tempat duduk laki-laki dan perempuan. Selain itu, kualitas pelayanan nya baik dengan adanya petugas yang ramah dan tegas dalam melayani pelanggan.

                                                                                                                                                                 

Kata Kunci:  Daya tarik, Kualitas Pelayanan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Susanto Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id