PENELITIAN KEBERLANGSUNGAN USAHA ARDANI INDONESIA SEBAGAI UMKM BERBASIS INDUSTRI KREATIF

Soegihartono Soegihartono

Abstract


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan bentuk usaha masyarakat. UMKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian masyarakat dan perekonomian suatu Negara. Dari munculnya UMKM ini terciptanya lapangan kerja yang bisa mensejahterahkan masyarakat. Ardani Indonesia sebagai UMKM berbasis industri kreatif dengan usahanya bergerak di bidang pembuatan tas. Ardani Indonesia memiliki andil dalam memajukan industri kreatif dan perekonomian Negara. Ardani Indonesia melakukan kreativitas dan inovasi pada setiap produknya serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui faktor pendukung kelanggengan usaha Ardani Indonesia. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat kelanggengan usaha Ardani Indonesia. 3) Untuk mengetahui cara mempertahankan kelanggengan usaha Ardani Indonesia.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) observasi, (2) wawancara (3) dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi merupakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding.

Hasil penelitian menyatakan : 1) Faktor-Faktor yang Mendukung Kelanggengan Usaha Ardani Indonesia sebagai UMKM berbasis Industri Kreatif antara lain : Harga yang terjangkau membuat konsumen membeli, Kualitas produk yang bagus, Produk yang sesuai kebutuhan konsumen, Pemasaran yang dilakukan dengan baik, Memiliki pelayanan baik terhadap konsumen. 2) Faktor yang Menghambat Kelanggengan Usaha Ardani Indonesia sebagai UMKM berbasis Industri Kreatif antara lain : Permodalan yang sedikit, Kurangnya jejaring sosial yang efektif dalam promosi, Pemasaran yang kurang massif, Masih mengandalkan merk lain dalam berusahanya, Jarang menciptakan produk baru. 3) Cara Mempertahankan Usaha Ardani Indonesia sebagai UMKM berbasis Industri Kreatif antara lain : Menambah kapasitas produksi, Menambah model produk untuk menarik konsumen, Melakukan promosi yang lebih massif, Mengikuti kegiatan-kegiatan UMKM untuk menambah jejaring sosial dan menambah pengetahuan, Membuka toko baru di daerah yang strategis, Menjaga kualitas produk agar konsumen setia.

 

Kata Kunci: Kelanggengan, Ardani Indonesia, Industri Kecil


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.