PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN, DAN SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN TERHADAP PENGALOKASIAN BELANJA MODAL: STUDI PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH

Saifudin Saifudin, Eka Ayu Siswanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran terhadap pengalokasian belanja modal pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di Propinsi Jawa Tengah tahun 2009-2013. Dimana Provinsi Jawa Tengah terdapat 35 pemerintahan daerah yang terdiri dari 26 pemerintahan kabupaten dan 9 pemerintahan kota. Selanjutnya dari 35 kabupaten/kota akan diamati selama 5 periode sehingga jumlah pengamatan sebanyak 175 pengamatan. Data yang digunakan adalah Laporan Realisasi Anggaran kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah yang bersumber dari DJPK Departemen Keuangan . Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan, dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran berpengruh terhadap Belanja Modal.

Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran, Belanja Modal.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.