ANALISIS PERSEPSI RESIKO E-COMMERCE DAN WEBSITE QUALITY DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PELANGGAN DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PRODUK FASHION DI KOTA SEMARANG

Lulus Prapti, Dian Triyani

Abstract


E-commerce adalah jenis mekanisme bisnis elektronik yang berfokus pada transaksi bisnis berbasis
individu dengan menggunakan internet sebagai media untuk bertukar barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh persepsi risiko E-commerce dan kualitas situs web dalam meningkatkan
partisipasi pelanggan dengan tingkat kepercayaan sebagai variabel moderasi.
Populasi penelitian ini adalah pembeli produk fashion di Semarang dengan sampel 96 responden.
Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, hasil yang diperoleh adalah bahwa persepsi risiko
E-commerce berpengaruh negatif terhadap tingkat kepercayaan konsumen. Semakin tinggi risiko yang dihadapi
oleh konsumen, semakin rendah tingkat kepercayaan. Sementara kualitas situs web juga memiliki efek negatif
pada tingkat kepercayaan. Semakin menarik tampilan produk di situs web, semakin rendah tingkat kepercayaan
konsumen. Hal ini disebabkan kekhawatiran konsumen bahwa produk yang akan dibeli ternyata tidak seperti
yang ditawarkan di situs web. Sedangkan tingkat kepercayaan berpengaruh positif terhadap tingkat partisipasi
pelanggan.

Kata kunci: persepsi risiko, kualitas situs web, tingkat kepercayaan, partisipasi pelanggan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v16i3.2172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lulus Prapti, Dian Triyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id