MOTIVASI PEKERJA OJEK KONVENSIONAL DALAM PERSAINGAN BISNIS TRANSPORTASI ONLINE (STUDI PADA JASA OJEK PANGKALAN DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG)

Dian Triyani, Rr. Lulus Prapti NSS, Aprih Santoso

Abstract


ABSTRAK
Ojek adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor. Belum
lama ini muncul sebuah terobosan baru dalam hal transportasi umum, yaitu ojek online yang bisa
dipesan melalui smartphone. Para pengguna ojek konvensional yang berpindah ke ojek online
membuat para tukang ojek konvensional mengeluh. Rumusan masalah penelitian ini adalah
bagaimana motivasi pekerja ojek konvensional dalam menghadapi persaingan bisnis transportasi.
Penelitian ini dilakukan di pangkalan-pangkalan ojek di kecamatan Ngaliyan. Fokus yang
akan diteliti oleh peneliti adalah para tukang ojek konvensional di wilayah kecamatan Ngaliyan.
Wawancara dilakukan terhadap lima orang tukang ojek konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kompensasi, komitmen, dan lingkungan kerja
mempengaruhi motivasi pekerja ojek konvensional dalam mempertahankan pekerjaannya dan
dapat menghadapi persaingan bisnis transportasi. Semakin memadai kompensasi yang diterima,
komitmen organisasi yang tinggi, dan lingkungan kerja yang baik maka pekerja semakin
termotivasi untuk mempertahankan pekerjaannya.

Kata kunci: kompensasi, komitmen, lingkungan kerja, motivasi

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v16i1.2155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.