MENGUAK TINGGINYA PENGGUNAAN JASA LAYANAN LAZADA DI KOTA SEMARANG DITENGAH PERSAINGAN E-COMMERCE DI INDONESIA (Study Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang)
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi belakangan ini semakin menjamur di tengah-tengah masyarakat modern saat ini. Terbanyak terlihat sejak 2012 publik sudah mulai mengenali transaksi belanja online. Lazada memiliki indeks minat pencarian terbesar di antara situs-situs e-commerce utama di Indonesia khususnya di kota Semarang selama 2014-2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor di balik konsumen dalam menggunakan layanan E-commerce Lazada.
Dalam penelitian ini dilakukan metode deskriptif kualitatif yang berfungsi untuk menggambarkan atau memberikan gambaran umum tentang objek yang diteliti melalui data yang telah dikumpulkan karena kemudian menggambarkan masalah atau fokus pada masalah ketika penelitian dilakukan, data penelitian adalah kemudian diolah dan dianalisis untuk disimpulkan.Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menganalisis hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari 3 informan kunci, menunjukkan bahwa ada 5 faktor di balik konsumen memilih e-commerce Lazada, yaitu: 1) Mudah digunakan (kemudahan penggunaan) 2) Persepsi harga rendah 3) Promosi yang ditawarkan 4) Kualitas layanan yang baik dari Lazada 5) Kualitas produk yang baik dari Lazada.
Kata kunci: E-commerce, Lazada, kemudahan penggunaan, persepsi harga, promosi, kualitas layanan, kualitas produk.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v17i4.1771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Vicky Arya Sandy, Edy Mulyantomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |