MENGUAK TINGGINYA PENGGUNAAN JASA LAYANAN LAZADA DI KOTA SEMARANG DITENGAH PERSAINGAN E-COMMERCE DI INDONESIA (Study Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang)

Vicky Arya Sandy, Edy Mulyantomo

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi belakangan ini semakin menjamur di tengah-tengah masyarakat modern saat ini. Terbanyak terlihat sejak 2012 publik sudah mulai mengenali transaksi belanja online. Lazada memiliki indeks minat pencarian terbesar di antara situs-situs e-commerce utama di Indonesia khususnya di kota Semarang selama 2014-2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor di balik konsumen dalam menggunakan layanan E-commerce Lazada.

Dalam penelitian ini dilakukan metode deskriptif kualitatif yang berfungsi untuk menggambarkan atau memberikan gambaran umum tentang objek yang diteliti melalui data yang telah dikumpulkan karena kemudian menggambarkan masalah atau fokus pada masalah ketika penelitian dilakukan, data penelitian adalah kemudian diolah dan dianalisis untuk disimpulkan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menganalisis hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari 3 informan kunci, menunjukkan bahwa ada 5 faktor di balik konsumen memilih e-commerce Lazada, yaitu: 1) Mudah digunakan (kemudahan penggunaan) 2) Persepsi harga rendah 3) Promosi yang ditawarkan 4) Kualitas layanan yang baik dari Lazada 5) Kualitas produk yang baik dari Lazada.

Kata kunci: E-commerce, Lazada, kemudahan penggunaan, persepsi harga, promosi, kualitas layanan, kualitas produk.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v17i4.1771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.