PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE DI SEMARANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang implementasi
perilaku konsumen dalam menggunakan jasa transportasi ojek online Go-Jek di Semarang.
Teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposive
sampling dan snowball sampling, dengan kriteria: 1) Informan merupakan pengguna smartphone, 2)
Informan memiliki aplikasi Go-Jek pada smartphone mereka, 3) Informan pernah menggunakan
layanan di aplikasi Go-Jek, 4) Berusia 19 tahun keatas, karena usia tersebut dinilai sudah cukup
mampu memberikan pendapat dan pernyataan yang tidak berubah-ubah. Informan pada penelit ian
ini berjumlah lima orang. Secara lebih spesifik, kelima informan yang dipilih dalam penelit ian ini
adalah informan yang memiliki jumlah frekuensi penggunaan layanan jasa transportasi ojek online
Go-Jek yang berbeda, hal itu dimaksudkan agar informan mempunyai sudut pandang dan keunikan
tersendiri. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, serta teknik analisa
data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode perbandingan tetap atau constant
comparative method. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah
triangulasi sumber. Dari kelima informan, diketahui bahwa salah satu informan menjadi triangulasi
sumber adalah Veronica Mutisari, karena sudah menggunakan layanan jasa Go-Jek lebih dari
setahun.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa menurut informan, perilaku konsumen
dalam menggunakan jasa transportasi ojek online Go-Jek di Semarang dipengaruhi oleh faktor
internal yang meliputi: 1) Pekerjaan; 2) Gaya hidup; 3) Pengalaman masa lalu; dan 4) Rasa suka,
sedangkan faktor internal yang tidak mempengaruhi terdiri dari: 1) Usia; 2) Pendidikan; 3) Sifat
atau Kepribadian. Selain itu juga, ditemukan bahwa perilaku konsumen dalam menggunakan jasa
transportasi ojek online Go-Jek juga dipengaruhi faktor eksternal yaitu 1) Teman; 2) Promosi; 3)
Harga; dan 4) Ketersediaan layanan, sedangkan faktor eksternal yang tidak mempengaruhi ialah: 1)
Keluarga; 2) Status sosial; 3) Budaya; 4) Asuransi kecelakaan.
Kata kunci: perilaku konsumen, faktor internal, faktor eksternal, jasa transportasi, Go-Jek.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v16i4.1668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Vino Bagus Setyo Adi, Edy Suryawardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SOLUSI Published by : Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan Semarang City, Central Java - Indonesia P-ISSN : 1412-5331 E-ISSN : 2716-2532 Email : solusi@usm.ac.id |