ANALISIS PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMBELIAN, MOTIVASI DAN PERSEPSI PRODUK BATIK ANTARA KONSUMEN PRIA DAN WANITA DI SURAKARTA

Dwi Oktaviani Lardo Putri, Siti Maryam, Rochmi Widayanti

Abstract



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keputusan pembelian,
motivasi dan persepsi produk batik anatara konsumen pria dan wanita di
Surakarta.
Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif komparatif. Populasi dari
penelitian ini adalah keseluruhan konsumen pria dan wanita di PGS dan Pasar
Klewer yang jumlahnya tidak terhingga. Sampel pada penelitian berjumlah 100
responden (50 responden PGS dan 50 responden Pasar Klewer) dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu metode
purposive sampling dan convinience sampling. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan uji independent sample t test.

Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan

keputusan pembelian dan motivasi konsumen antara konsumen pria dan wanita,

namun tidak terdapat perbedaan persepsi konsumen anatara konsumen pria dan
wanita.

Keyword: Keputusan Pembelian, Motivasi Konsumen, Persepsi Konsumen, Jenis
Kelamin


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v17i3.1638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Oktaviani Lardo Putri, Siti Maryam, Rochmi Widayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id