Keputusan Pembelian melalui Content Marketing dan Influencer Marketing pada Pengguna Aplikasi TikTok

Khoirunnisa Khoirunnisa, Eigis Yani Pramularso, Hardani Hardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Depok. Penelitian ini memiliki latar belakang tentang pentingnya pelaku usaha untuk terus kreatif dan berani berkompetisi pada era digital dan salah satu yang dapat dilakukan berupa teknik pemasaran melalui aplikasi TikTok sebagai salah satu media sosial yang populer bagi pengguna di Indonesia yang penggunaanya dibantu dengan adanya content marketing dan peran influencer marketing sehingga diharapkan produknya dapat diterima oleh konsumen dengan bukti adanya keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Depok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 105 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa purposive sampling.  Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan SPSS 25 dengan alat analisis data linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan content marketing dan influencer Marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Depok. Selanjutnya, content marketing dan influencer marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi TikTok di Kota Depok. Hal ini membuktikan bahwa content marketing dan influencer marketing merupakan strategi yang efektif dalam memengaruhi keputusan pembelian produk oleh konsumen. 


Keywords


Content Marketing; Influencer Marketing; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, … Sari., M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Aditya, G., Ristanto, H., Kusmanto, K., & Rubiyati, R. (2022). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Rocket Chicken Karangjati). Jurnal Bingkai Ekonomi, 7(2), 1–15.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Ariliusra, A., & Games, D. (2020). Analisis Pengaruh Learning Behavior From Failure Terhadap Subjective Wellbeing Dimediasi Oleh Organizational Crisis Preparedness pada UKM di Sumatera Barat. Menara Ilmu, XIV(02), 10–19. Retrieved from https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/index

Athaya, F. H., & Irwansyah, I. (2021). Memahami Influencer Marketing: Kajian Literatur dalam Variabel Penting Bagi Influencer. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(2).

Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). The Influence of Content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta. Jurnal.Ustjogja.Ac.Id, 138–148.

Casaló, L. V., Flavián, C., & Ibáñez-Sánchez, S. (2020). Influencers on Instagram: Antecedents and consequences of opinion leadership. Journal of Business Research, 117(October 2017), 510–519. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.07.005

Girsang, D. C., & Aprinawati. (2024). Pengaruh Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Shopee Live. AL MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(2), 968–973.

Herman, H., Maszudi, E., Hamid, R. S., Dewintari, P., & Aulia, A. (2023). Peran Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam Keputusan Pembelian Pada Sosial Instagram. Jesya, 6(2), 1348–1358. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1059

Huda, I. U. H., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM : JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 11(1), 69. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v11i1.3453

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Ismunandar, & Ernawati, S. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Wilayah Kota Bima. Cahaya Mandalika, 5(2), 1150–1157.

Lee, W. C., & Aulia, S. (2023). Analisis Digital Marketing Media Sosial Instagram Dare Photobooth. Prologia, 7(2), 263–268. https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21349

Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480

Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Dharmawangsa, 13(1).

Pasaribu, A. F., Fadhila Rahma, T. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Content Marketing , Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 81–93. https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4432

Rahman, S. A., Qolbiyah, Q., & Sileuw, S. (2024). Peran Influencer Dalam Proses Electornic Word Of Mouth (E-Wom) Dalam Meningkatan Brand Image. Jurnal Inovasi Ekonomi Syariah Dan Akuntansi (JIESA), 1(4), 128–138.

Sahputra, C., Octaviani, V., & Yanto. (2023). Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pada Xinonaboba Kapuas Kota Bengkulu. Jurnal Multimedia Dehasen, 2(3), 509–526.

Satiawan, A., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Custumer Review Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Di Tiktok. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.238

Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). In Diponegoro Journal of Management (Vol. 11, pp. 1–11).

Shukmalla, D., Savitri, C., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang). Jurnal Mirai Management , 8(3), 326–341.

Supriatna, A., Nuraidah, & Anugrah, T. G. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna ShopeePay Pada Masyarakat Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 8(24), 78–85. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.7460594

Ulfa, W. S. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Di Tiktok Shop. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(2), 106–118.

Uyuun, S. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa FEB Unesa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i2.390

Yasinta, K. L., & Nainggolan, R. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Somethinc Di Surabaya Dimediasi Oleh Brand Image. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 8(6), 687–699.

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v22i4.10440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khoirunnisa Khoirunnisa, Eigis Yani Pramularso, Hardani Hardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  ..

SOLUSI
Published by :
Fakultas Ekonomi , Universitas Semarang 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 1412-5331  
E-ISSN : 2716-2532
Email : solusi@usm.ac.id