PENGARUH KUALITAS LAYANAN, FASILITAS DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN SISWA

Bagyo Bagyo, Adijati Utaminingsih, Adijati Utaminingsih, Paulus Wardoyo, Paulus Wardoyo

Abstract


While there is a large number of research work performed on presenting different factors influencing students' satisfaction with Higher Education institutions, there is a need to combine all these efforts and provide a comprehensive framework of factors influencing the students' satisfaction. This study aims to analyse the influence of service quality, facility, learning method on student satisfaction and image as a moderating variable. The respondents of this research are Semarang Sedes Sapentiae High School amounting to 96. The data were processed by using Smart Partial Least Square (PLS) program. The results of this study indicate that the service quality, learning methode influence student satisfaction, while the facility have no significant effect on student satisfaction. The result of the hypothetical test on moderation effect showed that image moderate the correlation between service quality and learning method with the student satisfaction, but image could not moderate the correlation between the facility with student satisfaction.


Meskipun ada sejumlah besar penelitian yang dilakukan untuk menyajikan faktor-faktor berbeda yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa/siswa terhadap institusi sekolah, tetap ada kebutuhan untuk menggabungkan semua upaya ini dan menyediakan kerangka kerja yang komprehensif mengenai faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa/siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan , fasilitas, metode pembelajaran terhadap kepuasan siswa dengan citra sekolah sebagai variabel moderating.Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMA Sedes Sapentiae Semarang yang berjumlah 96 orang. Data diolah dengan menggunakan program Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, motode pembelajaran dan citra berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa, sedangkan fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa. Hasil penelitian uji hipotesis efek moderasi menunjukkan bahwa citra dapat memoderasi hubungan antara kualitas layanan dan metode pembelajaran dengan kepuasan siswa, tetapi citra tidak memoderasi hubungan antara fasilitas dengan kepuasan siswa



Keywords


: service quality, facility, learning method, student satisfaction, image

Full Text:

PDF

References


Andalusi, Ratih, 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (studi kasus pada pt. Laborindo sarana Jakarta), Jurnal Madani, Vol. 1, No. 2, (305-322)

Almassawa, Syafieq Fahlevi, 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Implikasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal KREATIF : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 6, No.3,

Aryska, M., & Kasmirudin, K. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru) (Disertasi, Riau University).

Dkudiene, V., Eertokas, D., McCorkle, D., & Reardon, J. (2015). The effect of e-shops’ service quality on Lithuanian consumers’ purchase intentions. International Journal of Business, Marketing, and Decision Sciences, 8(1), 43-59.

de Jager, J. and Gbadamosi, G., 2013. Predicting students’ satisfaction through service quality in higher education. International Journal of Management Education.;

Kasiri, L. A., Cheng, K. T. G., Sambasivan, M. & Sidin, S. M., 2017. Integration Of Standardization And Customization: Impact On Service Quality, Customer Satisfaction, And Loyalty

Kitchroen, K. (2004). Literature Review: Service Quality in Educational Institutions. ABAC Journal, 24(2), 14-25.

Leonnard, L., Daryanto, H. K., Sukandar, D., & Yusuf, E. Z. (2013). The loyalty model of private university student, study case: stikom london school of public relation. International Journal of Information Technology and Business Management, 20(1).

Leonnard, L., Daryanto, H.K., Sukandar, D. & Yusuf, E.Z. (2015) ‘The Loyalty Model of Private University Student’, International Research Journal of Business Studies, Vol. 7, No. 1, pp. 55-68.

Leonnard, L. (2017). Measuring grocery stores service quality in indonesia: a retail service quality scale approach. Studies and Scientific Researches. Economics Edition, (26).

Leonnard (2018) “The Performance of SERVQUAL to Measure Service Quality in Private University”, Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, Vol. 11, No. 1, pp. 16-21, online ISSN 1803-1617,

Martasubrata, N., & Suwatno, S. (2016). Mutu layanan akademik sebagai determinan kepuasan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 136-143.

Mustaffa, W.S.W., Ali, M.H., Bing, K.W. & Rahman, R.A. (2016) ‘Investigating the relationship among service quality, emotional satisfaction and favorable behavioral intentions in higher education service experience’, Procedia-Social and Behavioral Sciences, Vol. 224, pp. 499-507.

Putri, Nilda Tri, Budi Satria, Elita Amrina, & Alfadhlani, 2021, Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Moderasi Budaya Organisasi dan Reputasi, Jurnal Rekayasa Sistem Industri Volume 10

Qomariah, Nurul.2012. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Aplikasi Manajemen.

Rinala, I. N., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Sondakh, Conny, 2014, Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado), Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.3 ,No.1, 2014:19-32

Stocknick.M., & Rogers.,P., 2008, Using SERVQUAL to Measure The Quality of The Classroom Experience, Deicion Science Journal of Innovative Education, Vol. 6 No 1 pp. 155-133

Tarus, Daniel Kipkirong & Nicholas Rabach , (2013),"Determinants of customer loyalty in Kenya: does corporate image play a moderating role?", The TQM Journal, Vol. 25 Iss 5 pp. 473 – 491

Ximenes, N. A. B. (2017). Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada Institute Of Business (Iob) Di Timor-Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(8), 2917- 2954.

Yuliana, R. (2012). Analisis Pengaruh Strategi Service Recovery Yang Dilakukan Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Kota Semarang. JURNAL STIE SEMARANG (Edisi Elektronik), 4(2), 39-52.

Zakiy, Muhammad, 2019, Citra Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Niat Beralih, Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 12 No. 1 p. 51-64




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/sbj.v2i1.7008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sustainable Business Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.