PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN PADA KEPUASAN PELANGGAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Rofiatu Darojah, Kesi Widjajanti, DC Kuswardani

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Agen Resmi Bus Patas AC/Executive PO. Ramayan, Semarang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dengan citra merek sebagai variabel intervening. Populasi dan sampel penelitian ini adalah penumpang Bus Patas AC/Executive PO. Ramayana. Jumlah responden sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedatisitas, uji multikorelas, uji linearitas, analisis regresi berganda, uji koefisien determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel citra merek signifikan memediasi pengaruh variabel persepsi harga (X1) terhadap varaibel kepuasan pelanggan (Y2).

 

This research was conducted at the Patas AC/Executive PO Bus Authorized Agent. Ramayan, Semarang. The purpose of this study was to determine the effect of price perception, service quality on customer satisfaction with brand image as an intervening variable. The population and sample of this study were Patas AC/Executive PO Bus passengers. Ramayana. The number of respondents as a sample in this study were 100 respondents. Data analysis in the form of validity test, reliability test, normality test, heteroscedasticity test, multicorrelation test, linearity test, multiple regression analysis, determinant coefficient test, F test, and t test.   The results of this study indicate that price perception has a significant effect on customer satisfaction. Service quality has a significant effect on customer satisfaction. The brand image variable significantly mediates the effect of the price perception variable (X1) on the customer satisfaction variable (Y2)


Keywords


brand image; customer satisfaction price perception; service quality

Full Text:

PDF

References


Aeni, N., Ekhsan, M., & Tanjung, A. (N.D.). The Effect Of Service Price And Quality On Customer Satisfaction Online Transportation Services. In Journal Of Reseacrh In Business, Economics, And Education (Vol. 1). Http://E-Journal.Stie-Kusumanegara.Ac.Id

Agussalim, S. O., Jan, A. B. H., Stephaldi, O. :, Agussalim, O., Bin, A., Jan, H., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). The Effect Of Price And Quality Of Services On Customer Satisfaction On Go-Jek Online Transportation Services In Manado. Jurnal Emba, 6(4), 2318 2327.

Aisha, N. (N.D.). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek Pt Bank Sumut Pada Nasabah Pt Bank Sumut Cabang Medan Iskandar Muda (Vol. 8, Issue 2).

Aisha, N., & Kurnia, E. (2018). Pengaruh Kuantitas Pelayanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek Pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 9.

Billy Leksono, R. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 2(3), 381 390.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hidayati, N., Soesanto, H., & Sufian, S. (N.D.). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Mereferensikan (Studi Kasus Pada Rawat Inap Rsud Ungaran).

Linggasari, D., & Hokbyan Angkat, Dan. (2021). Analisis Perilaku Penumpang Ka Bandara Manggarai-Soetta Pada Masa Pandemi Dan Pengaruhnya Terhadap Pola Perjalanan (Vol. 4, Issue 2).

Manajemen, Y. A. (2020). Pengaruh Harga Trayek Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bus Damri Trayek Serang-Sumur Di Kantor Cabang Perum Damri Serang The Effect Of Route Price And Facilities On The Users Customer Satisfaction Damri Bus Serang-Sumur Route At Damri Serang Branch Office. 3(2).

Panjaitan, I. (2016). Pengaruh Pelayanan Dan Harga Pada Go-Jek Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating (Study Kasus Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta). In Media Studi Ekonomi (Vol. 19, Issue 2).

Pasharibu, Y., Paramita, L., & Febrianto, S. (2018). Price, Service Quality And Trust On Online Transportation Towards Customer Satisfaction. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(Oktober), 240 264.

Pasharibu, Y., Paramita, L., Febrianto, S., & Artikel, S. (2018). Halaman 1 Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Transportasi Online Menuju Kepuasan Pelanggan Informasi Artikel. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 240 264. Www.Ejournal.Uksw.Edu/Jeb

Riana Sinaga, L., Efendi, N., Iqbal Harori Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, M., Ilmu Sosial Dan Politik, F., & Lampung, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Bus Damri. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(2), 89 96.

Sintya, L. I., Lapian, S. L. H. V. J., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado The Influence Of Price And Quality Of Service On Customer Satisfaction Of Go-Jek Online Transportation Services In Student Feb Unsrat Manado. 6(3), 1778 1787.

Subantoro, B., & Wahyuati, A. (N.D.). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Grab Di Surabaya.

Sudharto, P., Hadi, P., Bisnis, A., Sosial, I., Politik, I., Diponegoro, U., Suryoko, D. S., Si, M., Triantoro, K., Hadi, S. P., & Suryoko, S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelangganpengguna Jasa Kereta Api Menoreh Kelas Ekonomi Studi Kasus Pada Pt. Kereta Api Indonesia Daop Iv Semarang. In Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science Tahun. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/

Sudirman, A., Efendi, E., & Harini, S. (2020). Kontribusi Harga Dan Kepercayaan Konsumen Untuk Membentuk Kepuasan Pengguna Transportasi Berbasis Aplikasi. Journal Of Business And Banking, 9(2), 323. Https://Doi.Org/10.14414/Jbb.V9i2.2078

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suwarni, E., & Kumadji, S. (N.D.). Pengaruh Iklan Di Televisi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Citra Merek Serta Implikasinya Pada Minat Pembelian (Survei Pada Calon Konsumen Susu Sgm Di Kota Malang).

Waluyo, M. R. (2018). Analisis Model Hubungan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Transportasi Online. In Journal Of Industrial Engineering And Management (Vol. 13, Issue 02).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/sbj.v1i1.5140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sustainable Business Journal