Integrasi Pendidikan Cinta Tanah Air dalam Kurikulum Tersembunyi Berbasis Karakter Kebangsaan

Tatas Transinata

Abstract


Karakter kebangsaan didefinisikan sebagai pendekatan yang terencana dan sistematis dalam hal saling menghargai, tanggung jawab, kejujuran, dan sebagainya untuk menjadi warga negara yang baik. Unsur kurikulum tersembunyi yang terdapat di sekolah adalah tentang nilai, kepercayaan, sikap, dan norma yang merupakan bagian penting dari fungsi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai karakter kebangsaan, bagaimana memadukan karakter kebangsaan dan kegiatan yang terdapat dalam kurikulum tersembunyi. Dalam penelitian ini, salah satu metode penelitian kualitatif menggunakan model studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015-2016 melalui Rencana Pembelajaran Bahasa Inggris Psikologi (RPS) Universitas Semarang dengan menginvestigasi kegiatan mahasiswa dalam kurikulum tersembunyi. Untuk menganalisis data yang terkumpul, analisis dokumen dan analisis isi digunakan. Hal ini menentukan bahwa ada beberapa nilai yang termasuk dalam kurikulum Universitas dan kegiatan pendukung dalam kurikulum tersembunyi.


Keywords


cinta tanah air, kurikulum tersembunyi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v1i1.679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PHILANTHROPY: Journal of Psychology



Philanthropy : Journal of Psychology Published by :
FACULTY OF PSYCHOLOGY
UNIVERSITAS SEMARANG 
Soekarno Hatta Street, Tlogosari Kulon, Pedurungan
Semarang City, Central Java - Indonesia
P-ISSN : 2580-6076
E-ISSN : 2580-8532
Email : filantropi@usm.ac.id
 
  
This work is licensed under a