PELATIHAN WIRAUSAHA DIGITAL PADA ATLET KONI KOTA SEMARANG DAN PELAKU UMKM

Deva Andara Putri, Dewangga Nur Rizal, Durrotun Nafisah, Nisrina Nuri, Natalia Sari Pujiastuti

Abstract


Mengingat realita bahwa usia emas seorang atlet di dalam dunia olahraga sangat terbatas tim pengabdian menyadari bahwa diperlukan adanya persiapan bagi para atlet untuk menghadapi masa transisi setelah pensiun. Oleh karena itu Tim Pengabdian berinisiatif untuk melakukan kolaborasi bersama Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK), Universitas Semarang dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang untuk memberikan pelatihan kewirausahaan berbasis digital kepada para atlet. Selain itu banyaknya pelaku UMKM yang ada di wilayah Kota Semarang juga turut menjadi pendorong terbukanya pelatihan ini agar dapat membantu mereka mengasah skill kewirausahaan yang dimiliki. Pelatihan Kewirausahaan ini diselenggarakan pada bulan Mei 2024, dan terbagi menjadi 5 Pelatihan dan 1 Pelayanan Jasa Pembuatan Logo yang mana dalam pelaksanaan setiap pelatihan menggunakan metode berupa pemaparan materi oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya, lalu dilanjutkan dengan pendampingan  praktek langsung agar peserta dapat lebih jelas memahami apa yang disampaikan oleh narasumber. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan yang dapat mendorong peserta untuk memiliki jiwa wirausaha serta membantu memberikan ide, membangun dan mengembangkan usaha yang dimiliki oleh peserta pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta yaitu atlet KONI Kota Semarang mendapatkan pengetahuan serta wawasan baru mengenai dunia wirausaha dan meningkatkan skill mereka.

Kata Kunci: Pelatihan, Atlet, Kewirausahaan, UMKM.


Full Text:

PDF

References


Alinsari, N. (2020). Peningkatan Literasi Keuangan Pada UMKM Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Jurnal Magistrorum Et Scholarium, 256-268.

Hendri Hermawan Adinugraha, E. S. (2022). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Bagi Santri Pondok Pesantren Bustanul Manshuriyah. Jumat Keagamaan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-4.

Kraus, Sascha, Norat Roig-Tierno, and Ricarda B. Bouncken. "Digital innovation and venturing: an introduction into the digitalization of entrepreneurship." Review of Managerial Science 13.3 (2019): 519-528.

Prof Dr. Komarudin, M. D. (2023). Manajemen Mutu Kunci Kepuasan Atlet. Bandung: Indonesia Emas Group.

Pujiastuti, N. S., Ayu, K., & Syamsiah, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Digital Marketing UKM Melalui Pelatihan Video Promosi Untuk Komunitas UKM Kelurahan Pandean Lamper Kota Semarang. Perigel: Jurnal Penyuluhan Masyarakat Indonesia, 2(4), 16-28.

Purnomo, N. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi, 376-381.

Rizal, D. N. (2023). Peningkatan Keterampilan Kreator SMK N 1 Pringapus Melalui Program Sosialisasi Bagi Konten Kreator Pemula. Jurnal Pengabdian Perguruan Tinggi (Jurnal Pedati), 1(1), 44-52.

Ukkas, I. (2018). Pengembangan SDM Berbasis Pelatihan Keterampilan Dan Pemberdayaan Pemuda. Prosiding Seminar Nasional, 120-125.

Utami, C. W., Padmalia, M., Sudyasjayanti, C., & Ernantyo, Y. E. (2021). PEMBINAAN ENTREPRENEURSHIP ATLET KONI JATIM DALAM PROGRAM “UC SPORTPRENEUR”. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3).

Victor Gayuh Utomo, M. B. (2023). Peningkatan Kemampuan Pembuatan Konten Media Sosial Instagram Bagi Siswa SMA Kesatrian 1 Semarang. DIMASTIK : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 52-61.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jp.v2i1.9424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Perguruan Tinggi (Jurnal Pedati)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengadian Perguruan Tinggi (Jurnal Pedati) published by Pascasarjana Universitas Semarang Jl. Areteri Soekarno Hatta, Tlogosari, Semarang