Tanggung Jawab Hukum Perusahaan Ekspedisi Atas Hilangnya Barang Konsumen

Meiliana Kamila, Imam Haryanto

Abstract


This study aims to examine the loss of consumer goods caused by freight forwarding companies, which causes consumers to suffer losses due to negligence of shipping company services. To protect consumer rights that must be fulfilled. The method used is normative juridical by carrying out legal research on literature which is carried out by examining library materials or secondary data solely on research and the laws that regulate it. Regarding the discussion, this research shows legal remedies for the loss of consumer goods caused by shipping companies, legal consequences received by shipping company services, and forms of consumer protection for rights that are not fulfilled. This study concludes that legal remedies can be used to resolve disputes, which can be resolved in 2 ways, namely through the court and outside the court by arbitration, mediation, and conciliation. The results of this study aim to update previous studies to examine more deeply related to the protection of various consumer rights that are not fulfilled due to the negligence of shipping companies. As well as solutions so that consumer losses that arise do not continue to occur.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai hilangnya barang konsumen yang disebabkan oleh perusahaan jasa ekspedisi, yang menyebabkan konsumen mengalami kerugian atas kelalaian jasa perusahaan ekspedisi. Untuk melindungi hak-hak konsumen yang wajib terpenuhi. Metode yang digunakan bersifat yuridis normatif dengan melukan penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan atau data sekunder belaka penelitian dan Undang-Undang yang mengatur. Terkait pembahasan penelitian ini memperlihatkan upaya hukum terhadap hilangnya barang konsumen yang disebabkan oleh perusahaan ekspedisi, akibat hukum yang diterima oleh jasa perusahaan ekspedisi, dan bentuk perlindungan konsumen atas hak-hak yang tidak terpenuhinya. Kesimpulan atas penelitian ini adalah upaya hukum yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sengketa yakni dapat diselesaikan melalui 2 cara, yaitu melalui pengadilan dan diluar pengadilan dengan arbitrasi, mediasi, dan konsiliasi. Hasil dari penelitian ini bertujuan guna memperbaharui studi yang terdahulu guna mengkaji lebih mendalam terkait perlindungan atas berbagai hak konsumen yang tidak terpenuhi disebabkan kelalaian perusahaan ekspedisi. Serta solusi agar kerugian konsumen yang timbul tidak terus terjadi.

 


Keywords


Ekspedisi; Perdagangan Elektronik; Perlindungan Konsumen Consumer Protection; E-Commerce; Expedition

Full Text:

PDF

References


Agastya, Ida Bagus Ketut, I Made Udiana, dan Anak Agung Ketut Sukranatha. Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Pengiriman Barang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Pada PT. Pahala Express Delivery Denpasar. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum 7, no. 2 (17 Januari 2019): 1 15. https://doi.org/10.24843/KM.2019.v07.i02.p12.

Andriani Lubis, Meisya, dan Mohamad Fajri Mekka Putra. Peer To Peer (P2P) Lending: Hubungan Hukum Para Pihak, Gagal Bayar, Dan Legalitas. USM Law Review 5, no. 1 (2022): 188 204. https://doi.org/10.26623/julr.v5i1.4896.

Arifin, Miftah. Membangun Konsep Ideal Penerapan Asas Iktikad Baik Dalam Hukum Perjanjian. Jurnal Ius Constituendum 5, no. 1 (2021). https://doi.org/10.26623/jic.v5i1.2119.

Asrori S, H.M Hudi. Mengenal Hukum Pengangkutan Udara. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2010.

Deshaini, Liza, dan Evi Oktarina. Peran Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Badan Perlindungan Sengketa Konsumen (BPSK) Dalam Perlindungan Konsumen di Indonesia. Majalah Disiplin 26, no. 17 (2020): 41 49.

Hafidzah Rambe, Soraya, dan Paramitha Sekarayu. Perlindungan Hukum Nasabah Atas Gagal Klaim Asuransi Akibat Ketidaktransparanan Informasi Polis Asuransi. USM Law Review 5, no. 1 (2022): 93 109.https://doi.org/10.26623/julr.v5i1.4073.

Haloho, Roby Darwis, Jinner Sidauruk, dan Utomo Uton. Tanggung Jawab Perusahaan Jasa Angkutan Terhadap Barang Niaga Melalui Darat (Studi PT. Jasa Tunas Agung, Jl. Sempurna Ujung No. 148 Medan). PATIK: Jurnal Hukum 7, no. 3 (2018): 178 91.

Handayani, Fajar Nugroho, dan Ahmad Raihan Harahap. Hukum Perlindungan Konsumen. Yoyakarta: CV Bintang Surya Madani, 2021.

Handriani, Aan. Perlindungan Konsumen Dalam Perjanjian Transaksi Jual Beli Online. Pamulang Law Review 3, no. 2 (2020): 127 38.

H.M.N, Purwosutjipto. Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia, Hukum Pengangkutan. Jakarta: Djambatan, 2000.

Istepu, Rida Ista, dan Hana Muhammad. Efektifitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Sebagai Lembaga Penyelesaian Sengketa Konsumen Di Indonesia. Jurnal Rechten: Riset Hukum dan Hak Asasi Manusia 3, no. 2 (2021): 7 14.

Juwitasari, Nina, Diah Sulistyani RS, Muhammad Junaidi, dan Soegianto Soegianto. Perlindungan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Ekspedisi. USM Law Review 4, no. 2 (2021): 688 701. https://doi.org/10.26623/julr.v4i2.4249.

Kamal, Azam Faiz, dan Budi Widjajanto. Text Mining Untuk Analisa Sentiment Ekspedisi Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Naive Bayes Pada Aplikasi J&T Express. Jurnal IJCCS 4, no. 2 (2017): 1 8.

Maharani, Nur Afifah Sitti, Alma Rizkyta Asri, dan Fadia Fitriyanti. Tanggung Jawab Pengangkut Barang Dalam Angkutan Laut 7 (2021): 7. https://doi.org/10.33541/JtVol5Iss2pp102.

Mahmud Marzuki, Peter. Penelitian Hukum. Revisi. Jakarta: Prenada Media Group, 2019.

Miru, Ahmadi, dan Sutarman Yodo. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Nangin, Chikie. Perlindungan Hukum terhadap Konsumen yang Mengalami Kerugian Akibat Pengiriman Barang oleh Perusahaan Ekpedisi Menurut UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Lex Crimen 5, no. 4 (2017): 62 70.

Paryadi, Deky. Pengawasan E Commerce Dalam Undang-Undang Perdagangan dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Jurnal Hukum & Pembangunan 48, no. 3 (2018): 652 69. http://dx.doi.org/10.21143/jhp.vol48.no3.1750.

Prabowo Rahayu, Teguh. Pembelian Handphone di Tokopedia, Isinya Dus Kosong. Media Konsumen. 12 Maret 2022. https://mediakonsumen.com/2022/03/12/surat-pembaca/pembelian-handphone-baru-di-tokopedia-isinya-dus-kosong.

Prajogo, Jim Jeffrey, dan Siti Mahmudah. Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pelaku Usaha Mikroindo Puteratama Semarang. Diponegoro Law Review 6, no. 2 (2017): 1 14.

Prayitno, Isnu Harjo, Jarkasih,Puji Iman, dan H Muhamad Rezky Pahlawan MP. Eksitensi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tangerang Selatan Dalam Melakukan Perlindungan Terhadap Hak-Hak Konsumen Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Pamulang Law Review 4, no. 2 (2021): 43 56.

Rimanda, Rahmi. Keberadaan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Sebagai Lembaga Quasi Yudisial di Indonesia. Jurnal Bina Mulia Hukum 4, no. 1 (2019): 18 34. https://doi.org/10.23920/jbmh.v4n1.2.

Sadad, Anwar. Perlindungan Hukum Terhadap Transaksi E Commerce Lovebird Berdasarkan Undang-undang No 8 Tathun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. USM Law Review 1, no. 2 (2018). https://doi.org/10.26623/julr.v1i2.2250 |.

Septyawati, Ni Made, I Nyoman Putu Budiartha, dan Luh Putu Suryani. Tanggung Jawab PT. POS Indonesia (Persero) Cabang Tabanan Terhadap Wanprestasi Pengiriman Barang. Jurnal Analogi Hukum 3, no. 1 (16 Maret 2021): 74 78. https://doi.org/10.22225/ah.3.1.2021.74-78.

Shofie, Yusuf. Perlindungan Konsumen dan Instrumeninstrumen Hukumnya. Cetakan ke-1. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2000.

Siambaton, Tulus, dan Yosua Lorenzo Tarigan. Bentuk Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Akibat Iklan Yang Menyesatkan Pada Media Cetak. Visi Sosial Humaniora 1, no. 2 (18 Desember 2020): 30 41. https://doi.org/10.51622/vsh.v1i2.83.

Sidiki, Sarah E. Tugas dan Wewenang Badan Penyelesaian Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jurnal Unsrat, Lex Privatum 5, no. 7 (2017): 124 32.

Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press, 1996.

Soekanto, Soerjono, dan Sri Mahmudji. Penelitian Hukum Normatif, Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Syarat dan Ketentuan Klaim Asuransi di Tokopedia. Diakses 5 Juni 2022. https://www.tokopedia.com/help/article/syarat-dan-ketentuan-klaim-asuransi-di-tokopedia.

Witiyas, Bernadeth Filia. Perlindungan Hukum dan Tanggung Jawab Pelaku Usaha Atas Hilangnya Paket Dalam Jasa Layanan Pengiriman Barang Melalui PT JNE Wilayah Tangerang. Jurnal Hukum Adigama 4, no. 1 (2021): 1715 36. https://doi.org/10.24912/adigama.v4i1.12036.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/julr.v5i2.5750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL USM LAW REVIEW

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal USM LAW REVIEW : Journal Law published by Magister Hukum Universitas Semarang is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.