UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN NORMA HUKUM DAN KEDISIPLINAN DENGAN PERBANDINGAN MODEL PROJECT CITIZEN DAN COOPERATIVE SCRIPT
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan guru dalam menggunakan model konvensional sehingga belum bisa mengembangkan pemahaman konsep dan juga kurangnya kedisiplinan peserta didik dalam melakukan aktivitas di kelas ketika pembelajaran. Model adaptif, yang mendorong peserta didik dan guru melakukan pembelajaran yang efektif yaitu pertama pembelajaran Project Citizen dan kedua pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan kedua model tersebut, manakah yang lebih meningkatkan pemahaman konsep dan kedisiplinan peserta didik di kelas VII 8 dan VII 9 dalam pembelajaran PPKn di MTsN 1 Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen kuasi dengan Pre test-post test control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata siswa dengan model pembelajaran Project Citizen (80.26) lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran Cooperative Script (75.13) (2) 9 siswa (23.07%) memiliki tingkat kedisiplinan cukup pada model Project Citizen dan 12 siswa (30.76%) pada model Cooperative Script. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran Project Citizen dan model pembelajaran Cooperative Script (ï¡ = 0.000) (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kedisiplinan siswa dengan model pembelajaran Project Citizen dan model pembelajaran Cooperative Script (ï¡ = 0.589). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Citizen lebih baik dalam meningkatkan pemahaman siswa dibanding dengan model pembelajaran Cooperative Script, namun dalam meningkatkan kedisiplinan siswa tidak terdapat perbedaan antara kedua model pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Buku
Achmad Patoni. 2004, Dinamika Pendidikan Anak . Jakarta: PT. Bina Ilmu.
Miftahul A la, 2011, Quantum Teaching , Yogyakarta: Diva Press.
Mahisa Alit, 2002, Pembelajaran Kooperatif, Apa dan Bagaimana . Cirebon: SD
Negeri 2 Bungko Lor
Dasim Budimansyah, 2009, Inovasi Pembelajaran Project Citizen , Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutrisno Hadi, 2007, Statistik , Yogyakarta : Andi.
Kokom Komalasari, 2011, Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi , Bandung : Refika Aditama.
Moch. User Usman, 2011, Menjadi Guru Profesional , Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sapriya, dan US Winataputra, 2004, Pendidikan Kewarganegaraan:Model Pengembangan Materi Dan Pembelajaran Bandung:Lab. PKn UPI Bandung.
N. Soemantri, 2001, Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS , Bandung: Remadja Rosdakarya.
Yuliandri, Asas-Asas Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Yang Baik , Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2009.
Jurnal
Aisah Novita Nurhidayati, Edy Purnomo, Nurdin, Hasil Belajar Antara Kooperatif SFAE dan Cooperative Script dengan Memperhatikan Sikap, Jurnal Edukasi Ekobis 3 (2), 2015.
Dasim Budimansyah, Revitalization of Citizenship Education Learning through Project Citizen Practice". Jurnal Acta Civicus, 1 (2), 2008.
Hafidh, Maksum, Model Project Citizen Dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme Bagi Mahasiswa PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh , Jurnal Pionir 4 (2), 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v4i2.179
Nika Fetria Trisnawati dkk, Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kota Sorong , Jurnal ADMATHEDU 9 (2), 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i2.14858
Ni Pt. Dyan Febriyanti1, I Nym. Laba Jayanta, Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar PKn , Jurnal Mimbar PGSD UNDHIKSA 6 (2) 2, 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19468
Norlaili Hidayati, Meningkatkan Kecakapan Kewarganegaraan (Civic Skill) Melalui Pembelajaran Pkn Berbasis Project Citizen (Studi Kuasi Eksperimen Di SMK YPT Banjarmasin) , Jurnal Socius 2 (2), 2013.DOI: 10.20527/jurnalsocius.v2i2.2205
Rima Vien Permata Anita Trisiana. Implementasi Model Pembelajaran Pilot Project Citizen Berbasis Nasionalisme pada Pendidikan Kewarganegaraan Demi Mewujudkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ketahanan Nasional 17 (3), 2012.
https://doi.org/10.22146/jkn.22697
Sara Winstead FRY dan Adil Bentahar, Student Attitudes Towards and Impressions of Project Citizen , Journal of Social Studies Education Research 4 (1) 2013.
Internet
Mariani,Scolastika.2009. Peningkatan kualitas pembelajaran. (http://scmariani-unnes.blogspot.com/).
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/julr.v4i1.3345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurul Wahyi Fithry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal USM LAW REVIEW : Journal Law published by Magister Hukum Universitas Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.