Etika Bisnis dalam Hukum Islam: Implikasi terhadap Praktik Bisnis Modern

Sylvia Mufarrochah, Febri Falisa Putri, Achmad Murtadho, Elsa Assari

Abstract


This research aims to analyze modern business practices within Islamic business ethics and the challenges and opportunities in implementing modern business practices from the perspective of business ethics in Islamic law. The implications of the application of Islamic business ethics in modern business practices can be seen in efforts to create a balance between profit and morality, as well as addressing socio-economic problems that often arise in today's business world, such as unfair distribution of wealth, exploitation of labor, and environmental damage. The urgency of this problem is increasingly relevant when today's business world prioritizes the principle of profitability which sometimes conflicts with ethical values. Phenomena such as market manipulation, monopolistic practices, and exploitation carried out by large companies show the importance of implementing business ethics in Islam that emphasizes balance and sustainability. Therefore, it is important to conduct a more in-depth study of how the principles of Islamic business ethics can be adapted and integrated into modern business practices so that they not only provide economic benefits but also provide broad social benefits to society. The implementation of these ethics can also help increase public trust in the business world and create a more equitable and sustainable business environment. This type of research will use a qualitative approach and literature analysis to analyze Islamic economic values and business ethics. The qualitative approach involves a thorough examination of primary and secondary sources related to Islamic economic principles and ethics. This process will include an analysis of texts related to the topic.

Penelitian ini bertujuan untuk analisis terhadap praktik bisnis modern dalam etika bisnis Islam dan tantangan dan peluang dalam menerapkan praktik bisnis modern dalam perspektif etika bisnis dalam hukum Islam. Implikasi dari penerapan etika bisnis Islam dalam praktik bisnis modern dapat dilihat dalam upaya menciptakan keseimbangan antara profit dan moralitas, serta menanggulangi masalah sosial-ekonomi yang sering muncul dalam dunia bisnis saat ini, seperti ketidakadilan distribusi kekayaan, eksploitasi tenaga kerja, dan kerusakan lingkungan. Urgensi permasalahan ini semakin relevan ketika dunia bisnis masa kini mengedepankan prinsip profitabilitas yang kadang bertentangan dengan nilai-nilai etika. Fenomena seperti manipulasi pasar, praktik monopoli, serta eksploitasi yang dilakukan oleh perusahaan besar menunjukkan pentingnya penerapan etika bisnis dalam Islam yang menekankan pada keseimbangan dan keberlanjutan. Penting untuk melakukan kajian lebih mendalam tentang bagaimana prinsip-prinsip etika bisnis Islam dapat diadaptasi dan diintegrasikan dalam praktik bisnis modern, agar tidak hanya memberikan keuntungan ekonomi, tetapi juga memberikan manfaat sosial yang luas bagi masyarakat. Implementasi etika ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan publik terhadap dunia bisnis dan menciptakan lingkungan usaha yang lebih adil dan berkelanjutan. Jenis penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis pustaka untuk menganalisis nilai-nilai ekonomi dan etika bisnis Islam. Pendekatan kualitatif melibatkan pemeriksaan menyeluruh terhadap sumber-sumber primer dan sekunder yang terkait dengan prinsip-prinsip ekonomi dan etika Islam. Proses ini akan mencakup analisis teks-teks yang terkait dengan topik tersebut.

Keywords


Business Ethics; Islamic Law; Modern Business Practices; Etika Bisnis; Hukum Islam; Praktik Bisnis Modern

Full Text:

PDF

References


Abdul, Muhammad, Aziz Ramdhani, Muhammad Khalifah Filardhy, Nova Analia, and Ade Ponirah. “Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Dan Entitas Syariah Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” 42 (2024): 694–708.

Adrai, Rindang, and Didin Hikmah Perkasa. “Penerapan Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam International Human Resources Management.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani 6, no. 2 (2024): 68–85. https://doi.org/10.51353/jmbm.v6i2.950.

Ahmatnijar, Ahmatnijar. “Riba, Bunga Bank, Dan Komitmen Baru: Studi Tafsir Tentang Riba Kaitannya Dengan Bunga Bank Konvensional.” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 5, no. 2 (2018): 57–76. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v5i2.1112.

Amry, Ary Dean, Tri Mutia, Leni Tania, Anggun Lestari, and Dhea Riqqa Nabila. “Tantangan Dan Peluang Etika Bisnis Islam Dalam Strategi Pemasaran Pengusaha Muslim Kota Jambi Di Era Digitalisasi Challenges and Oppotrunities Of Islamic Bussines Ethics In The Marketing Strategy Of Muslim Enterprenues In The City Of Jambi In The Era Of D” 7, no. November (2024): 196–202. https://doi.org/10.31949/maro.v7i2.9675.

Angin, Jerry, and Vijay Mahajan. Pemasaran Digitalÿ, 2002. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=o8CAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=pemasaran&ots=dop-VjbzRY&sig=R9vli4ygkVUA5KzfcyCuCimmmUc.

Azizah, Mabarroh, Arman Paramansyah, and Dessy Damayanthi. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring Di Toko Online Shopee.” Jurnal Humani (Human Dan Mayarakat Madani) 2, no. 2 (2020): 184–200. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.344.

Azizah Rahmawati, Shintya Terisna Sari. “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Masyarakat Modern.” Manajemen Bisnis Syariah Vol 3 (2023): 7.

Azzahra, Muthia, Lara Dwi Alma, and Intan Nuraini Azzahra. “Gharar Konsep Memahami Dalam Fiqih : Definisi Dan Implikasinya Dalam Transaksi,” no. 4 (2024).

Berutu, Timoty Agustian, Dina Lorena, Rea Sigalingging, and Gaby Kasih. “Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Perkembangan Bisnis Modern,” no. 3 (2024).

Darmawan, Kasis. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Al-Quran,” 2019, 1–23.

Darmawati. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam : Eksplorasi Prinsip Etis Al-Qur’an Dan Sunnah.” Jurnal Ekonomi Islam 11, no. 1 (2017): 58–68. https://media.neliti.com/media/publications/58054-ID-etika-bisnis-dalam-perspektif-islam-eksp.pdf.

Dwiyanti, Riska. “Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Jual Beli Gabah (Studi Di Amassangang Kabupaten Pinrang).” Skripsi, 2018, hlm.2.

Hafid, Nurhafriyanti. “Implementasi Etika Bisnis Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Konsumen PadaToko Heijab Store Makassar.” Αγαη 15, no. 1 (2024): 37–48.

Huda, Hidayat; “Konsep Fairness Dalam Etika Bisnis Islam: Kajian Literatur Terhadap Praktik Distribusi Dan Keadilan Ekonomi.” Jurnal Ekonomi Islam Volume 1 N (2023): 17–31.

Iqbal, Riskun. “Digital Marketing Perspektif Etika Bisnis Islam.” Jurnal Mubtadin 11, no. 1 (2022): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Matthew, Axel, and Erick Stefan. “Online Transparency and Honesty Regarding Online Advertising,” 2024, 4567–75.

Maulida, Novita, and Siti Femilivia Aisyah. “Etika Bisnis Islam: Implementasi Prinsip Keadilan Dan Tanggung Jawab Dalam Ekonomi Syariah.” El-Iqthisadi Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Hukum Dan Syariah 6 (2024): 49–61. https://doi.org/10.24252/el-iqthisady.vi.46740.

Melyn Anggraini, Ersi Sisdianto. “Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Syariah Dan Peranannya Dalam Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Dan Sedekah Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen Vol.2, 2, no. 12 (2024): 491–505.

Mumud Salimudin, Dedah Jubaedah. “Islamic Corporate Social Responsibility ( ICSR ): Kerangka Konseptual Dan Pelaporan Berdasarkan Maqashid Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 10, no. 03 (2024): 2448–58.

Nasrulloh. “Implementasi Etika Bisnis Islam Dan Transformasi Digital Umkm Madura Dalam Mendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals.” Jurnal Ekonomi Syariah 4, no. 1 (2022): 67–76.

Rosmayati, Siti, Arman Mualana, and Gunadi Trida. “Peluang Dan Tantangan Ekonomi Bisnis Dan Kesehatan Di Era Society 5.0.” Jurnal Ilmiah Manajemen 15, no. 1 (2024): 113–30.

Sulthonuddin, Bung Hijaj, and Enceng Iip Syaripudin. “Aspek Sosiologis Dalam Hukum Jual Beli.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah (JHESY) 1, no. 2 (2023): 295–309. https://doi.org/10.37968/jhesy.v1i2.368.

Suryawijaya, Tito Wira Eka. “Memperkuat Keamanan Data Melalui Teknologi Blockchain: Mengeksplorasi Implementasi Sukses Dalam Transformasi Digital Di Indonesia.” Jurnal Studi Kebijakan Publik 2, no. 1 (2023): 55–68. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.55-68.

Tanjung, Iqbal, Doni Rukanda, and Desy Amalia. “Tantangan Etika Bisnis Islam Dalam Pergulatan Etika Bisnis Global.” EBISA : Jurnal Ekonomi Bisnis Islam 3, no. 12 (2023): 11437–48.

Taufiq Aulia Rahman. “Analisis Regulasi E-Commerce Terhadap Perlindungan Konsumen Pada Transaksi Jual Beli Online Dalam Perspektif Hukum Islam,” 2024.

Triwibowo, Ananto, and Muhammad Afani Adam. “Etika Bisnis Islam Dalam Praktek Bisnis Di Era Digital Ekonomi.” Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah 2, no. 1 (2023): 25–36. https://doi.org/10.58561/margin.v2i1.65.

Ummah, Masfi Sya’fiatul. Etika Bisnis Dinamika Persaingan Usaha. Sustainability (Switzerland). Vol. 11, 2019. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Wildan Mahendra Ardiansyah. “Peran Teknologi Dalam Transformasi Ekonomi Dan Bisnis Di Era Digital.” Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis 1, no. 1 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/julr.v8i1.11365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 JURNAL USM LAW REVIEW

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal USM LAW REVIEW : Journal Law published by Magister Hukum Universitas Semarang is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.