Penilaian Atraksi, Amenitas, Dan Aksesibilitas Objek Daya Tarik Wisata Di Semarang (Studi Kasus: Semarang Zoo)

Adinda Aulia, Muchammad Satrio Wibowo, Aji Baskoro, Ana Lutfiana Azizah, Anisa Dewi Sinta

Abstract


Kebun binatang Semarang Zoo merupakan salah satu obyek wisata yang diunggulkan di Kota Semarang. Selain menjadi tempat rekreasi, diharapkan menjadi sebagai tempat konservasi dan edukasi. Namun, kondisinya dinilai masih kurang layak sebagai kebun binatang maupun obyek wisata. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengidentifikasi aspek atraksi, aksesibilitas, dan amenitas yang ada dan memberi penilaian terhadap obyek wisata Semarang zoo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan berifat deskriptif. Atraksi yang disediakan antara lain melihat kehidupan dari 4 jenis satwa, yaitu aves (burung), mamalia, reptil, dan primata. Atraksi tambahan lainnya seperti pertunjukan animal show, becak air, playplay zoo, dan kereta mini untuk mengelilingi area kebun binatang. Aksesibilitas menuju ke kebun binatang ini relatif mudah karena tersedia informasi penunjuk arah menuju ke sana, kondisi jalan yang sepenuhnya pengerasan, dan memliki tempat yang stategis. Amenitas yang disediakan yaitu toilet, tempat ibadah, parkir, warung makan, toko oleh-oleh, dan tempat sampah. Hasil dari penilaian menggunakan angka biner yaitu Semarang zoo memiliki nilai 12 dan dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian dapat menjadi acuan dalam tahap pengembangan semarang zoo yang lebih efektif dan efisien dan diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan serta memberi kesan positif terhadap Semarang Zoo.


References


Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press: Makassar.

Adif, R.M., Putra, A.M.E., dan Afrida, Y. 2023. Pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas, dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kawasan Goa Batu Kapal. Vol. 5, No. 1. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. Halaman: 1-6.

Aditya, R.B., dan Ayudiah, C. Penilaian Daya Tarik Obyek WIsata: 20 Obyek Wisata di Ponorogo, Indonesia. Vol. 5, No.2. Jurnal Planoearth. Hal: 95 -110.

Damayanti, M., Wahyono, H., Rahdiawan, M., Tyas, P.W., dan Sani, P.C. 2020. Penerapan Smart Tourism Kota Semarang. Vol. 14. No. 2. Jurnal Riptek. Halaman: 128-133

Dolphina, E. 2019. Optimalisasi Pengelolaan Kebun Binatang Mangkang Sebagai Tempat Pariwisata Kota Semarang. Vol. 5, No.2. Prosiding Seniati 2019. ITN Malang.

https://data.semarangkota.go.id/data/list/4 diakses pada tanggal 9 Februari 2023.

Kumawati, N.P.Y.W., dan Firmani, P.S. 2021. Pengaruh Atraksi dan Amenitas Wisata Terhadap Kepuasan Pada Twin Hill Stone Garden Kabupaten Bangli Tahun 2019. Vol. 1, No.2. Jurnal Arthaniti Studies. Hal: 7 - 15.

Mauludin, R. 2017. Pengaruh Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Vol. 14, No.2. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure. Hal: 57 – 68.

Pitana, I.G., dan Diarta, I.K.S. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Offset: Yogyakarta.

Prayoga, D.R., dkk. 2022. Analisis Konsep 3A dalam Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus: Dusun IV, Desa Denai Lama, Kab. Deli Serdang. Vol. 05, No. 02. Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi. Hal: 114 – 126.

Putra, P.K., Sunarta, I.N. 2018. Identifikasi Komponen Daya Tarik Wisata dan Pengelolaan Pantai Labuan Sait, Desa Adat Pecatu, Kabupaten Badung. Vol. 6, No.2. Jurnal Destinasi Pariwisata.

Putri, O.A., dan Andriana, A.N. 2021. Analisis Atraksi Amenitas Dan Aksesibilitas Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Pantai Biru Kersik Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara). Vol. 2, No.1. Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata. Hal: 51 – 58.

Rossadi, L.N., dan Widayati, E. 2018. Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, dan Atraksi Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan ke Wahana Air Balong Waterpark Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Vol. 1, No. 2. Journal Of Tourism and Economic. Halaman: 109 – 116.

Sumastuti, E., Prabowo, H., dan Violinda, Q. 2021. Pengembangan Wisata Kota Semarang. Vol 12, No.1. Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata dan Budaya. Halaman: 30 – 38.

Yoeti, O.A. 2016. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Balai Pustaka: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jsp.v1i1.7368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pariwisata - Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta, RT.7/RW.7, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50196

Telp. (024) 6702757

Email: jurnalsaptapesona@usm.ac.id