Analisis Brand Image Pariwisata Berbasis Ekowisata Di Desa Wisata Wonolopo, Kota Semarang

Desvian Arif Darmawan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi Brand Image Pariwisata di Desa Wisata Wonolopo. Desa yang didominasi oleh keindahan alamnya membuat warga setempat sepakat untuk menjadikan Desa Wonolopo sebagai kawasan desa wisata dengan memanfaatkan kemungkinan yang ada dan menata tempat tersebut menjadi sebuah destinasi wisata edukatif yang diminati oleh para wisatawan. Sample pada penelitian ini mengambil tiga orang responden, pihak dari pengelola Desa Wisata Wonolopo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan wawancara in-dept interview. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mewujudkan serta mengembangkan brand destinasi wisata, Desa Wisata Wonolopo memperkenalkan identitas destinasi wisata mereka berupa sistem pariwisata berkelanjutan, menawarkan beberapa kegiatan edukasi Dengan menggunakan proses komunikasi secara langsung dan tidak langsung yang melibatkan pengunjung sebagai daya dukung dalam pembentukan image kepada calon pengunjung.


References


A. Yoeti, O. 1995. Pengantar Ilmu Kepariwisataan (Edisi 1). Yogyakarta: ERLANGGA.

Brannan, T. 2005. Integrated Marketing Communication. Jakarta: PPM.

Bungin, B. 2015. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Burkart, A. J., & Medlik, S. 1987. Tourism, Past, Present, and Future. London.

Esterberg, K. G. 2002. Qualitative Methods Ins Social Research. New York: Mc Graw Hill.

Gelder, S.V. (2005). Global Brand Strategy. London: Kogan Page

Hermawan, A. 2009. Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Grasindo.

Hermawan, A .2021. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

James, S. J. 1982. Pariwisata Indonesia, Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Jefkins, F. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. 2006. B2B Brand Management. Jakarta: PT. BHUANA ILMU POPULE Kelompok Gramedia.

Onong, E. U. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Pendit, N. 1999. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Akademi Pariwisata Trisakti.

Rossiter, J. R., & Bellman, S. 2005. Marketing Communications: Theory and Applications (1 ed). Frenchs Forest, NSW: Prentice Hall.

Smith, P. R., & Taylor, J. 2002. Marketing Communications: An Integrated Approach 4th Edition. Kogan Page Business Books.

Stainback, S., & William, S. 1988. Understanding & Conducting. Kendall/Hunt Publishing Company.

Tan, Anton. 2011. Psikologi penjualan: cara dan langkah efektif memengaruhi dengan komunikasi hipnotis. Elex Media Komputindo

Tuwo, A. 2011. Pengelolaan Ekowisata Pesisir dan Laut. Surabaya: Brilian Internasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jsp.v1i1.7141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pariwisata - Universitas Semarang

Jl. Soekarno Hatta, RT.7/RW.7, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50196

Telp. (024) 6702757

Email: jurnalsaptapesona@usm.ac.id