MODEL PENGUATAN KESIAPAN KERJA LULUSAN ( Studi Pada BBPLK Semarang )
Abstract
Temuan bahwa tenaga kerja lulusan BBPLK Semarang kurang memiliki kesiapan untuk terjun ke dunia kerja sesuai dengan standar kebutuhan tenaga perusahaan serta masih adanya perbedaan hasil-hasil penelitian terdahulu mengenai faktor-faktor yang menjelaskan kesiapan kerja. Yang kemudian mendorong studi ini untuk mengembangkan dan menguji model kesiapan kerja.
Model kesiapan kerja yang dikembangkan, menggunakan lima variabel prediktor, yaitu variabel pelatihan, variabel praktek kerja industri dan variabel kompetensi yang dalam model penelitian merupakan variabel eksogen yang diduga dapat membangun self efficacy dan locus of control dan juga dapat menjelaskan kesiapan kerja lulusan BBPLK Semarang. Model kesiapan kerja yang dikembangkan dalam studi ini selanjutnya diuji secara empiris dengan menggunakan data penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada 112 responden peserta pelatihan BBPLK Semarang dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM).
Hasilny
The finding that the employment of graduates BBPLK Semarang less prepared to plunge into the world of work in accordance with the standards and needs of power companies are still differences in the results of previous research on the factors that explain job readiness. These studies were then encouraged to develop and test models of job readiness.
Job readiness models developed, using five predictor variables, namely training variables, variables and variable industrial technical competence in the research model is an exogenous variable that could be expected to build self-efficacy and locus of control and also may explain the job readiness of graduates of BBPLK Semarang. Job readiness models developed in this study were tested empirically using research data obtained through interviews with 112 respondents of trainee of BBPLK Semarang using a questionnaire and analyzed by using analysis of Structural Equation Modeling (SEM).
The result of this study shows that the work required to build the readiness of locus of control and self efficacy. Locus of control requires competence, work practices and training industry. Meanwhile, to build self-efficacy is required competencies and working practices of the industry.
a studi ini menunjukkan bahwa untuk membangun kesiapan kerja diperlukan locus of control dan self efficacy. Locus of control memerlukan kompetensi, praktek kerja industri dan pelatihan. Sedangkan untuk membangun self efficacy diperlukan kompetensi dan praktek kerja industri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulloh (2006), Pengaruh Budaya Organisasi, Locus of Control, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat.
Aji, R (2010), Hubungan Antara Locus of Control Internal Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XII SMKN 4 Purwokerto. Diakses Pada Tanggal 19 Agustus 2016 dari http://eprints.undip.ac.id/24802/1/LOC_internal_dan_Kematangan_Karir.pdf/journal.html
Amaluis, Dina (2014), Analisis Efektifitas Program Pelatihan Diklat PIM III terhadap Kompetensi Pejabat Eselon III di Pemerintah Kabupaten Agam, Economica, 3 (1), 18-26.
Arikunto, S (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atwarer, E (2005), Psychology for living: Adjusment, Growth and Behaviour Today (8th Edition). New Jersey: Pearson Prentice.
Azwar, S (1996), Penyusunan Skala Psikologi, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Chaplin, J.P (2006), Kamus Lengkap Psikologi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Dalyono (2005), Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Dewa Ketut (1993), Bimbingan Karir di Sekolah, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Eliyani, Citra., Heri Yanto & St Sunarto (2016), Determinan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang, Journal of Economic Education, 5 (1), 22-30.
Ferdinand, Augusty (2005), Structural Equation Modeling, Universitas Diponegoro, Semarang.
Ferdinand, Augusty (2006), Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang.
Hamalik, Oemar (2007), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hjelle, L.A & D.J Ziegler (1992), Personality Theories Basic Assumptions, Research, and Applications, McGraw Hill International Book Company, Singapore.
Hooper Nick & Gary Holmes (2000), Core Competence And Education, Kluwer Academic Publishers.
Lavasani, Masoud Gholamali., Fatemeh Sadat Mirhosseini, Elahe Hejazi & Maryam Davoodi (2011), The Effect of Self Regulated Learning Strategies Training on The Academic Motivation and Self Efficacy, Procedia-Social and Behavioral Sciences, 29, 627-632.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia, Remaja Rosda Karya, Bandung.
Mashudi, Choirul & Andang Widjaja (2016), Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industri terhadap Kompetensi Keahlian Siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Pacitan, Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2 (2), 259-263.
Michael R. Carell, Norbert Elbert F & Robert D Hatfield (1995), Human Resource Management, Global Strategy for Managing a Diverse Workforce, Prentice Hall New Jersey.
Muyasaroh, Hana (2013), Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Locus of Control terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK N 1 Surakarta.
Noviana (2014), Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Akuntansi, Program Praktek Industri dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi di SMKN 1 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014, Economic Education Analysis Journal, 3 (1).
Poerwadarminta, W.S (2003), Kamus Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Pool, L. D dan P. Sewell (2007), The Key To Employability: Developing A Practical Model Of Graduate Employability, Journal pdf Education And Training, 49 (4).
Pratama, Beny Dwi & Suharnan (2014), Hubungan antara Konsep Diri dan Internal Locus of Control dengan Kematangan Karir Siswa SMA, Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3 (3), 213-222.
Reffiany (2009), Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Gaya Kepemimpinan yang Diinteraksikan Dengan Pengendalian Sikap Individu (Locus of Control) Terhadap Prestasi Kerja Pada Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPRS) Medan.
Rizali, Ahmad dkk (2009), Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional, Gramedia, Jakarta.
Sastrohadiwiryo, B.S (2005), Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Satria, R Okky & Asep Kuswara (2013), Pengaruh Motivasi dan Pelatihan terhadap Kompetensi Kerja serta Implikasinya pada Produktivitas Pegawai Dinas Perhubungan Kota Bandung, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 7 (2), 74-83.
Sekaran, Uma (2006), Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Sekaran, Uma, (2006), Research Methods For Business: Metode Penelitian Untuk Bisnis, Salemba Empat: Wiley.
Simamora, Henry (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.
Singarimbun, Masri (1991), Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta.
Slameto (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta.
Smith, Ronald E (1989), Effects of Coping Skills Training on Generalized Self Efficacy and Locus of Control, Journal of Personality and Social Psychology, 56 (2), 228-233.
Stevani & Yulhendri (2014), Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Siswa dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang.
Sugiyono (1998), Statistik untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Sulistyarini (2012), Belajar dan Pembelajaran, Teras, Yogyakarta.
Sya diyah, Nurul Kholifatus (2014), Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Taruna Jaya Gresik.
Wexly dan Yukl (1976), Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Widyowati, Arini & Noor Rochman Hadjam (2014), Peran Core Self Evaluation dalam Memprediksi Persiapan Pensiun, Humanitas, 11 (2), 93-102.
Yuwono (2005), Psikologi Industri dan Organisasi, Surabaya: Universitas Airlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v10i1.707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.