SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI UNTUK PENCARIAN JUDUL TUGAS AKHIR BERBASIS KATA KUNCI

B. Very Christioko, April Firman Daru

Abstract


Kesamaan atau kemiripan judul pada saat mahasiswa mengambil mata kuliah Tugas Akhir (TA) dapat mungkin terjadi. Hal ini merupakan masalah yang serius dalam penelitian bagi mahasiswa saat mengerjakan TA atau skripsi.Saat ini di Fakultas TIK, data judul TA yang sudah selesai masih hanya disimpan ke dalam sebuah basis data pada saat pengajuan dan belum digunakan sebagai sumber rujukan untuk mengecek kesamaan atau kemiripan. Untuk itu dibutuhkan sebuah alat untuk menemukan informasi judul-judul yang sudah ada pada database menggunakan mesin pencari. Dikarenakan mesin pencari merupakan bentuk praktek dari penerapan teknik temu kembali informasi pada koleksi text dengan skala besar maka perlu adanya sebuah mesin pencari judul Tugas Akhir pada Fakultas TIK yang menerapkan teknik temu kembali informasi dengan model Boolean retrieval.


Keywords


Boolean retrieval, Mesin Pencari, Teknik temu kembali.

Full Text:

PDF

References


Christioko, B.V. . 2012. Implementasi Sistem Temu Kembali Informasi Studi Kasus: Dokumen Teks Berbahasa Indonesia. Transformatika,10(1), 1 10.

Croft, W.B., Metzler, D., & Strohman, T.. 2015. Search Engines Information Retrieval in Practice. USA: Pearson Education, Inc.

Jansen, B. J. and Rieh, S. 2010. The Seventeen Theoretical Constructs of Information Searching and Information Retrieval. Journal of the American Society for Information Sciences and Technology, 61(8), 1517-1534.

Manning, C. D., Raghavan P., & Sch ¼tze H. 2009. An Introduction to Information Retrieval. England: Cambridge University Press.

Mulyana. 2010. Pencegahan Tindak Plagiarisme Dalam Penulisan Skripsi Upaya Memperkuat Pembentukan Karakter di Dunia Akademik. Cakrawala Pendidikan, XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering 9ed. USA: Pearson Education, Inc.

Tala, F.Z. 2003.A Study of Stemming Effects on InformationRetrieval in Bahasa Indonesia.Tesis Master of Logic Project.Universiteit van AmsterdamThe Netherlands




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jprt.v14i2.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Penerbit

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang

Alamat Redaksi:

Jl.Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Jawa Teangah, Indonesia 50196 Telp: 024-6702757 psw: 8302 Fax: 024-6702272 e-mail: jprt@usm.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.