Sinergi Maqashid Syariah Asy-Syatibi Dengan Pancasila Sebagai Falsafah Negara Indonesia

Yulies Tiena Masriani

Abstract


This research has the objective of making a comprehensive interpretation of the relation of Islamic law in maqashid sharia to the foundation of Indonesian law, namely Pancasila. The research method is normative juridical with descriptive research characteristics. The results showed that Maqashid sharia Asy-Syatibi contains 5 general principles or kulliyat al-khamsah namely: (1) Preserving religion, (2) Preserving the Soul, (3) Preserving the Intellect, (4) Preserving the Offspring, and (5) Preserving the Property . Pancasila is basically an implementation of maqashid sharia values which are the core of Islamic teachings. There is also no content and content of Pancasila that harms the primary principle of maqashid sharia to bring benefit and distance from harm. Pancasila and maqashid sharia have a similar vision relationship to create a good life order for humans. The implementation of maqashid sharia in each of the precepts in Pancasila is included in Maslahat al-kulliyah, namely maslahat that returns to all people in the form of goodness and benefits, namely protecting the people from division. If Pancasila is viewed from the perspective of maqashid sharia, then maqashid can contribute related to development (things that bring goodness) in every precept.

 

Penelitian ini memiliki tujuan dalam upaya pemaknaan secara komprehensif terkait relasi hukum islam dalam maqashid syariah dengan fondasi hukum Indonesia yakni pancasila. Adapun metode penelitian adalah yuridis normatif dengan sifat penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maqashid syariah Asy-Syatibi mengandung 5 prinsip umum atau kulliyat al-khamsah yakni : (1) Memelihara agama, (2) Memelihara Jiwa, (3) Memelihara Akal, (4) Memelihara Keturunan, dan (5) Memelihara Harta. Pancasila pada dasarnya merupakan implementasi dari nilai-nilai maqashid syariah yang merupakan inti ajaran Islam. Isi dan muatan Pancasila juga tidak ada yang mencederahi prinsip primer dari maqashid syariah untuk mendatangkan kemaslahatan dan menjauhkan dari kemudharatan. Pancasila dan maqashid syariah memiliki relasi visi yang senada untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang baik bagi manusia. Implementasi maqashid syariah pada setiap sila dalam pancasila termasuk dalam Maslahat al-kulliyah, yaitu maslahat yang kembali kepada seluruh umat berupa kebaikan dan manfaat yaitu menjaga umat dari perpecahan. Apabila Pancasila ditinjau dari perspektif maqashid syariah, maka maqashid dapat berkontribusi terkait pengembangan (hal mendatangkan kebaikan) di setiap sila

 

 

 

 

 

 

 


 


Keywords


Maqashid Sharia; Pancasila; Relation; Synergy; Kemaslahatan; Maqashid Syariah; Pancasila; Relasi; Sinergi

Full Text:

PDF

References


Agung dan hamsah. Konsep Maqashid Syariah Asy-Syatibi Dalam Kitab Al-Muwafaqat. Al Mabsut 15 (2021): 10.

Al-hasanah, Ponpes. Mengenal Maqashid Syariah, Pengertian Dan Bentuk-Bentuknya. 11 November, 2020. https://ponpes.alhasanah.sch.id/pengetahuan/mengenal-maqashid-syariah-pengertian-dan-bentuk-bentuknya/.

Ash, Hasbi Shiddieqy. Falsafah Hukum Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2001.

Azizah, Sheillavy, Sandy Rizki Febriadi, and Popon Srisusilawati. Analisis Maqashid Syariah Tentang Menjaga Harta Terhadap Penangguhan Penyerahan Jaminan Logam Mulia Kolektif. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 2020, 53. https://doi.org/10.29313/syariah.v0i0.19380.

Digital, MUI. Apakah Tujuan Diturunkannya Islam? 20 Juni, 2020. https://mui.or.id/tanya-jawab-keislaman/28360/apakah-tujuan-diturunkannnya-islam/.

Erma Yulita. Akal Dan Pengetahuan Dalam Al-Qur an. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI 1, no. 1 (2015): 78 96. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.34.

Gani, Abdul Abdullah. Pengantar Komopilasi Hukum Islam Dalam Tata Hukum Indonesia. Jakarta: Gema Insani, 1994.

Habibah, Muzayyidatul. Implementasi Maqashid Syariah Dalam Merumuskan Tujuan Laporan Keuangan Bank Syariah. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah 3, no. 2 (2020): 177. https://doi.org/10.21043/aktsar.v3i2.8414.

Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Sejarah Masuknya Islam Di Indonesia, 2016. http://pgmi.tarbiyah.iainsalatiga.ac.id/sejarah-masuknya-islam-di-indonesia/.

Irwan, Muhammad. Kebutuhan Dan Pengelolaan Harta Dalam Maqashid Syariah. ELASTISITAS 3 (2021): 14. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.47.

Khallaf, abd al wahhab. Ilm Ushul Al Fiqh. Dar al Qalam, 1978.

Madinatul Munawwarah Ridwan, Ismaya, Syahdan, Andi Muhammad Aminullah, Nurlaeli Jamaluddin, Elihami Elihami, Musdalifah. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Era NEW NORMAL. Volume 1 Nomor 1 (2000) Issn Online : 2716-4225 3 (2008): 88 94.

Mahmud, Peter Marzuki. Penelitian Hukum. Jakarta: Prenada Media Group, 2011.

Mas udah. Sinergisitas Pancasila Dan Ajaran Agama ( Analisis Pendekatan Tafsir Maqashidi Atas Sila Kemanusiaan ). Jurnal An-Nida 45, no. 2 (2021): 195 215.

Mertokusumo, Sudikno. Mengenal Hukum : Suatu Pengantar. Yogyakarta: Liberty, 1996.

Mupida, S, and S Mahmadatun. Maqashid Syariah Dalam Fragmentasi Fiqh Muamalah Di Era Kontemporer. Al-Mawarid Jurnal Syari ah & Hukum, 2021, 31 40. https://journal.uii.ac.id/JSYH/article/view/18663%0Ahttps://journal.uii.ac.id/JSYH/article/download/18663/12058.

Musolin, Muhlil. The Virtues Of Maqasid Al-Syari Ah In Pancasila As The State Philosophical Basis Of The Indonesian Republic. DIALOG 43, no. 1 (2020): 59 74.

Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Nirwan & Farhan. Maqashid As-Syariah Terhadap Hukum Islam Menurut Imam As-Syatibi Dalam Al-Muwafaqat. ASY-SYUKRIYAH 21, no. 1 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.101.

Notonagoro. Pancasila Secara Ilmiah Populer. Jakarta: Jakarta Pantjuran Tudjuh 1975, 1980.

Rusli Bedong, M Ali. Implementasi Maqashid Al-Mukallaf Terhadap Pelaksanaan Hukum Islam (Solusi Aplikatif Menuju Fatwa Komprehensif). 1st ed. Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Sabir, Muhammad, and Abdul Muher. Maqasid Syariah Dan Metode Penetapan Hukum Dalam Konteks Kekinian (Memahami Korelasi Antara Keduanya). Tahkim 17, no. 1 (2021): 49 61.

Shidiq, Ghofar. Teori Maqashid Al-Syari Ah Dalam Hukum Islam. Majalah Ilmiah Sultan Agung 44, no. 118 (1970): 117 30.

Soejono, Abdurrahman H. Metode Penelitian Suatu Pemikiran Dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Soeprapto, Sri. Konsep Inventif Etika Pancasila Berdasarkan Filsafat Pancasila Notonagoro. Yogyakarta: UNY Press, 2014.

Soerjono Soekanto, Sri Mamudji. Penelitian Hukum Normatif : Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Sulthon, Muhammad. Hukum Islam Dan Perubahan Sosial (Studi Epistemologi Hukum Islam Dalam Menjawab Tantangan Zaman). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 19 (2019). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.548.

Toriquddin, Moh. Teori Maqashid Syari ah Perspektif Al-Syatibi. Jurnal Syariah Dan Hukum 6, no. 1 (2014): 33 47.

Wahyuddin, Imam. Perspektif Maqashid Syariah Untuk Pancasila: Membingkai Relasi Ideal Agama Dan Negara. Jurnal Studi Islam 12, no. 2 (2020): 253 431. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Tasamuh.

Yudian, Wahyudi. Ushul Fikih versus Hermeneutika. Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jic.v8i1.6092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ius Constituendum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Jurnal Ius Constituendum :  Journal Law by Program Studi Magister Hukum Universitas Semarang is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.