Peningkatan Kreativitas Membuat Macrame, Penentuan HPP, dan Tata Kelola Akun Shopee Sebagai Bekal Berwirausaha

Penulis

  • Erlina Dewi Endah Amaliyah Universitas Semarang
  • Bonita Prabasari Universitas Semarang
  • Andhy Tri Adriyanto Universitas Semarang
  • Asih Niati Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26623/ji2e.v2i1.11312

Abstrak

Selain lihai mengatur rumah tangga, ibu-ibu rumah tangga juga banyak yang memiliki potensi dalam berwirausaha. Namun demikian, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan yang melatarbelakangi upaya pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga. Diantaranya adalah perlunya menyalurkan produktivitas ibu-ibu rumah tangga melalui kegiatan positif yang sekaligus dapat menambah pendapatan keluarga. Masalah lainnya adalah pendapatan keluarga yang masih belum optimal untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga. Serta kurangnya ketrampilan menjual produk dengan memanfaatkan marketplace.

Memperhatikan permasalah tersebut, maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang merasa perlu untuk turut serta melakukan upaya-upaya yang dapat membantu dengan cara: 1) memberikan pelatihan ekonomi kreatif yaitu membuat kerajinan tangan Macrame bagi ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Tlogosari Kulon; 2) memberikan pelatihan tata kelola Shopee sebagai sarana penjualan hasil kerajinan tangan Macrame yang dapat dijual sebagai souvenir, cindera mata, maupun hiasan rumah untuk dapat meningkatkan pendapatan keluarga; serta 3) Sharing tentang bagaimana mengelola akun Shopee untuk menarik pembeli produk hasil karya ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Tlogosari Kulon serta penentuan harga pokok produksi (HPP).

Melalui kegiatan peningkatan kreativitas membuat kerajinan tangan Macrame, penghitungan harga pokok produksi, serta tata kelola akun Shopee ini diharapkan kreativitas dan semangat kewirausahaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelurahan Tlogosari Kulon semakin meningkat sehingga semakin produktif dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga. Selain itu, peserta juga diharapkan mampu menghitung harga pokok produksi serta meningkatkan kemampuan menjual hasil kerajinan menggunakan marketplace Shopee. Sehingga ibu-ibu rumah tangga Kelurahan Tlogosari Kulon dapat turut aktif meningkatkan pendapatan keluarga.

Referensi

Amaliyah, E.D.E. and Prabasari, B. (2021) ‘IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DI MASA PANDEMI COVID-19PADA KOMUNITAS PETANI TANAMAN HIAS DUSUN TARUKAN’, Jurnal Tematik, 3(2), pp. 252 – 257.

Az’mi, Y.U. et al. (2023) ‘Upaya Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Perum Griya Surabaya Asri Yang Bertujuan Memotivasi Kewirausahaan Mandiri’, Journal of Human And Education, 3(3), pp. 200–203. Available at: https://www.jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/356/205.

Dariana, D. (2020) ‘Penetapan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Kain Tenun Songket Melayu’, JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 4(2), pp. 258–270. Available at: https://doi.org/10.46367/jas.v4i2.247.

Ensiklopedia Dunia: Tlogosari Kulon, Pedurungan, Semarang (2024) Pusat Ensiklopedia Stekom. Available at: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Tlogosari_Kulon,_Pedurungan,_Semarang.

Hidayati, R.A. and Handayani, A. (2022) ‘Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Kabupaten Gresik (Pendekatan Pada Ibu-Ibu Aisyiyah Kab. Gresik)’, Dedikasimu: Journal Of Community Service, 4(1), pp. 43–55. Available at: https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3790.

Julianto, J. (2023) ‘Manajemen Bisnis pada Toko Online Halo Jaket Bandung dengan Penerapan Strategi Penjualan Produk pada Platform Shopee’, Jurnal Andromeda, 1(1), pp. 42–50. Available at: http://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/andromeda/article/view/2110#.

Kameli, E. and Julisanita, I. (2023) ‘Faktor-faktor yang Memotivasi Partisipasi Kerja Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), pp. 9–19. Available at: http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/jeb/article/view/1149/1137.

Lestari, E.P. et al. (2024) ‘Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Platform

Industri Kreatif’, Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), pp. 354–364.

Najwa, H. (2024) Apa Itu Seni Makrame: Definisi dan Teknik Pembuatannya, Telkom University. Available at: https://bcaf.telkomuniversity.ac.id/apa-itu-seni-makrame-definisi-dan-teknik-pembuatannya/.

Rahmadieni, R.Y. et al. (2022) ‘Pemberdayaan Kewirausahaan Rumah Tangga Melalui Pelatihan Kerajinan Tangan Macrame’, Transformatif : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 23–34. Available at: https://doi.org/10.22515/tranformatif.v3i1.5383.

Rahmawaty, I., Sa’adah, L. and Musyafaah, L. (2023) ‘Pengaruh Live Streaming Selling, Review Product, Dan Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee’, Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), pp. 80–93. Available at: https://journal.umg.ac.id/index.php/jre/article/view/5956.

Riyanto, A. and Sulau, C.P. (2022) ‘EDUKASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA HASIL KERAJINAN TANGAN IBU-IBU DASAWISMA KELURAHAN MUGIREJO’, Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 2(2), pp. 2–5. Available at: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/jpkpm/article/view/1266/671.

Sugiyanta, S. et al. (2023) ‘Integrated Digital Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Makanan Kecil Khas Daerah (MKKD) Sentra Industri Brem Wonogiri’, Surya Abdimas, 7(1), pp. 94–104. Available at: https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2438/1491.

Wahidahwati, W. et al. (2023) ‘Penerapan Platform Digital Marketing Shopee Bagi Umkm Kota Surabaya’, Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), pp. 95–100. Available at: https://doi.org/10.24269/adi.v7i2.6684.

Wijaya, A.L., Fauziah, M.N. and Pangastuti, P.K. (2021) ‘Pelatihan Pengemasan Produk dan Pengelolaan Akun Marketplace pada Usaha Mikro ”Namida” Masker Magetan’, Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 150–154. Available at: https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2122.

Diterbitkan

2025-03-03

Terbitan

Bagian

Articles