MEMBANGUN EKONOMI KREATIF MELALUI UMKM SANGKAR BURUNG DENMAS SANGKAR DI DESA ASEMDOYONG KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.26623/ji2e.v2i1.11307Abstrak
Sangkar burung merupakan kerajinan tangan yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Sangkar burung sendiri yang berasal dari provinsi Jawa Tengah. Salah satunya yang terkenal industri sangkar burung di kecamatan Taman. Sangkar burung merupakan industri yang sangat berpotensi untuk memajukan perekonomian didaerah, dengan adanya industri tersebut banyak penyerapan tenaga kerja, menjadikan orang umtuk berwirausaha, dan memberikan daerah tersebut lebih dikenal di daerah lain dan bisa sampai kemancanegara. UMKM ini berada di desa Asemdoyong RT 013/RW 02 Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Kuliah Kerja Usaha menjadi salah satu bentuk pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa di tengah-tengah kehidupan masyarakat dengan turut serta membantu memecahkan masalah berdasarkan kompetensi keilmuan sesuai dengan situasi, kondisi, masalah, dan prioritas kebutuhan masyarakat di lapangan dengan pendekatan interdisiplin ilmu dan bersifat ilmiah. Ada beberapa permasalahan yang ada antara lain, belum memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha), belum memiliki banner, belum memiliki stempel usaha, belum memiliki profil usaha, belum terdaftar lokasi di google maps, belum memilki Harga Pokok Produksi (HPP) serta belum memilki catatan pembukuan sederhana, belum memilki akun instagram, youtube, serta marketpalce shopee, belum memilki video promosi dan proses produksi, belum memilki thanks card, katalog dan papan nama jalan, belum memilki profil usaha, visi misi dan struktur organisasi. Setelah menganalisis dan mengaplikasikan program KKU pada produk Sangkar Burung menghasilkan dampak positif bagi pemilik UMKM, seperti pembuatan NIB guna untuk melengkapi legalitas usaha, membuat banner guna untuk menandakan lokasi UMKM, membuat stempel guna untuk mengidentifikasi suatu berkas atau surat keterangan resmi, adanya profil company, struktur organisasi, visi misi sebagai acuan untuk mencapai suatu tujuan UMKM yang diinginkan.Referensi
Alvian Yasin, M., & Rahdiana, N. (2020). Pembuatan Sarana Desa Untuk Papan Petunjuk Jalan Dusun Di Desa Kertasari. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa.
Fatur Zaki, F., Aini, H., Ridha Yasman, A., Mareta Riesa, R., & Negeri Padang Jurusan Administrasi Niaga -Prodi Administarsi Bisnis, P. (2023). Peningkatan Produktivitas Umkm Kedai Jeyya Melalui Edukasi Blogger Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat (Jipm), 01(02), 127–143. Https://Doi.Org/10.47233/Jipm.V1i1.912
Hanim, L. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. In Hak cipta dilindungi Undang-undang All Rights Reserved.
Hasibuan, M. S. (2016). Analisis Perhitungan Hpp Menentukan Harga Penjualan Yang Terbaik Untuk Ukm. In Jurnal Teknovasi (Vol. 03, Issue 2).
Lestari, A. S., Wahyuningsih, N., Maharani, N., Sanjaya, L., Putra, A. P., & Khomariah, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Maps Dan Imooji Sebagai Media Promosi Umkm Desa Tiyaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Dikmas, 887(3), 2022. Https://Doi.Org/10.37905/Dikmas.2.3.887-894.2022
Liana Putri, Z., & Kartika Pertiwi, T. (2023). Pendampingan Umkm Dalam Pembuatan Nib Melalui Oss Di Desa Musir Lor, Kabupaten Nganjuk 1). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 4. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V4i3
Prihandini, A., & Seba, N. (2022). Penyusunan Company Profile Bagi Umkm. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. Https://Doi.Org/10.18196/Ppm.44.708
Wuriah Ningsih, D., Haadi Prasetyo, A., Firman Syah, S., Maharani Marddzy, N., & Nurhati, E. (2024). Pengembangan Usaha Berbasis Kreativitas Fake Nail Art Pada Umkm Ulfa Art Pemalang. Jurnal Implementasi Ilmu Ekonomi, 1(1), 18–32. Https://Journals.Usm.Ac.Id/Index.Php/Ji2e
Rahmawati, K. (2021). Pelatihan Penjualan Online Menggunakan Marketplace Pada Ukm Di Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2. Http://Jurnal.Upnyk.Ac.Id/Index.Php/Dlppm/
Rakhman, F., Surur, M., Lis Mariatun, I., Pgri Situbondo, S., & Pgri Bangkalan, S. (2023). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif Studi Kasus Pada Usaha Ekonomi Rumah Tangga Agusti. Jurnal Ika: Pgsd Unars, 13(1). Https://Unars.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgsdunars/Index
Sya’dian, T., & Purba, R. (2022). Pembuatan Video Promosi Umkm Rendy Handycraft. Jurnal Abdimas Budi Darma, 2(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Implementasi Ilmu Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The journal holds the copyright for each article published with work licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution 4.0 International License, which allows others to share the work with an acknowledgment of the authorship and early publication of the work in this journal.