Pelatihan Digital Marketing Dan Pemasaran Produk Pada Kelompok UMKM

Adhi Pradiptya, Citra Andriani Kusumawati, Teguh Ariefiantoro

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini tentu saja berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran beralih dari yang semula dilakukan secara tradisional, berkembang menjadi pemasaran secara digital. Hal ini tentu menimbulkan biaya yang lebih besar dengan jangkauan yang terbatas jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi digital yang tepat.  Kemudian kurangnya kemampuan pelaku UMKM di Kelurahan Bojongsalaman Semarang dalam pemasaran produk membuat beberapa anggota UMKM belum menemukan cara menjual barangnya dengan tepat. Padahal produk yang dihasilkan sangat menarik dengan kualitas yang terjamin. Tujuan kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM dalam hal teknologi digital dan memberikan pelatihan untuk pemasaran produk dengan membuat konten media sosial yang menarik untuk calon konsumen. Oleh sebab itu, tim pengabdian kepada masyarakat melakukan kegiatan Pelatihan Digital Marketing Dan Pemasaran Produk Pada Kelompok UMKM di Kelurahan Bojongsalaman Semarang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat akan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pemasaran dengan mengenalkan pemasaran digital untuk efisiensi biaya pemasaran. Selain itu, kegiatan akan dilakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan kemampuan pelaku UMKM dalam penggunaan media pemasaran. Hasil pengabdian memperlihatkan peningkatan pengetahuan dan kemampuan pelaku usaha dalam memahami dan menggunakan teknologi digital dan social media. Terdapat beberapa pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital, namu masih banyak yang tidak menggunakannya karena kesusahan dan tidak mengguasainya. Penguasaan teknologi digital dengan penggunaan media pemasaran digital yang tepat, akan membuat efisiensi biaya pemasaran dicapai serta jangkauan pemasaran yang lebih luas oleh masing-masing anggota kelompok UMKM.

Full Text:

PDF

References


Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Amaliyah, E. D. E., Rohmawati, L., Prabasari, B., & Niati, A. (2024). Edukasi Kemandirian Finansial dan Pelatihan Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Pincushion Cupcake dan Digital Marketing. Jurnal Surya Abdimas, 8(2), 189–199. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i2.3932

Deb, S.K., Nafi, S.M. and Valeri, M. (2024). Promoting tourism business through digital marketing in the new normal era: a sustainable approach. European Journal of Innovation Management, 27(3), 775–799. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/EJIM-04-2022-0218

Firmansyah, K., Fadhli, K., Noviandy, I. A., & Rini, S. (2020). Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43–48.

Indriastuti, M., & Kartika, I. (2022). The Impact of Digitalization on MSMEs’ Financial Performance: The Mediating Role of Dynamic Capability. Jurnal Economia, 18(2), 240–255. https://doi.org/10.21831/economia.v18i2.42790

Larasati, T. A., Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ayana Store Pati. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 20(4), 397–402. https://journals.usm.ac.id/index.php/solusi/article/view/6055

Mawarsari, M. A. (2023). Tren Digitalisasi UMKM di Indonesia 2023: Tantangan dan Peluang. Dailysocial. https://dailysocial.id/post/tren-digitalisasi-umkm-di-indonesia-2023-tantangan-dan-peluang#google_vignette

Shabrina, V. G. (2019). Pengaruh Revolusi Digital terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 131–141. https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.16

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

The MSME Empowerment Report. (2022).

Wahyono, T. (2024). Digital Transformation in MSMEs in Indonesia: The Importance of Commitment to Change. International Journal of Social Service and Research, 4(01), 378–384. https://doi.org/10.46799/ijssr.v4i01.703




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/ji2e.v1i2.9415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Implementasi Ilmu Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Implementasi Ilmu Ekonomi (JI2E) published by Fakultas Ekonomi Universitas Semarang, Gedung N, Jl. Arteri Soekarno Hatta, Tlogosari, Semarang