Analisis Konsumerisme Budaya Korea Selatan (K-Drama) Terhadap Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri

Marcella Eka Widya Diningrum, Thalita Alya Salsabila, Betha Widi Anugrah, Rian Damariswara

Abstract


Penelitian ini membahas pengaruh konsumenisme budaya Korea Selatan (K-Drama) terhadap mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Para remaja di Indonesia mulai mengonsumsi budaya Korea Selatan dan sangat antusias terhadap maraknya Korean Wave di Indonesia. Seperti halnya menonton drama Korea semakin mudah melalui internet dan bahkan cukup dengan menggunakan ponsel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak mahasiswa menyukai (K-Drama) karena alasan hiburan, mode, makanan, cara berpikir, dan perawatan kulit/kosmetik Korea Selatan. Hal ini dapat berdampak positif atau negatif bagi siswa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Drama Korea memiliki dampak positif dan negatif bagi penonton. Dampak positifnya antara lain meningkatkan wawasan, menghilangkan stres, menambah wawasan berbahasa, mengetahui budaya Korea, berpikiran terbuka, dan mengedukasi berbagai profesi. Namun, dampak negatifnya meliputi rasa malas, suka begadang, kurangnya interaksi sosial, pengaruh kesehatan, ekspektasi tinggi atau negatif, dan kecanduan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan dalam menonton drama Korea.


Keywords


Budaya; Dampak; Konsumerisme; K-Drama

Full Text:

PDF

References


Aini, K. Q., Meliza, F., & Damariswara, R. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN V CLASS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3).

Mahayana, M. (2013). Budaya Hallyu Korea. Yogyakarta: Inakos.

Marina, D. (2020). konsumerisme di Era digital. TarFomedia, 1(1), 32-35.

Perdana, Ameyrista, et al. "Analisis Dampak Fenomena Konsumenisme Budaya Korea: K-Drama Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya." (2021): 1-8.

Mellyaningsih, Adinda. "Motif subscriber menonton channel youtube raditya dika." Jurnal e-komunikasi 4.1 (2016).

Lupitasari, S., Luthfiyah Nurlaela, and Mauren Gita Miranti. "PENGARUH KOREAN WAVE DAN MAKANAN KOREA TERHADAP MINAT MAKAN HIDANGAN KOREA PADA MASYARAKAT KOTA MADIUN. x (x)." Junral Tata Boga 11.1 (2020).

Angelicha, T. (2020). Dampak Kegemaran Menonton Tayangan Drama Korea Terhadap Perilaku Remaja.EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 154-159.

Yulianti, Yulianti, and Yustika Irfani Lindawati. "Peran Drama Korea dalam Penguatan Moral Knowing pada Remaja." JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA 8.2 (2023): 164-169.

Sagir, Junaidi, Ninin Setianing Pandika, and Sri Darwini. "Pengaruh brand ambassador dan country of origin terhadap minat beli konsumen pada skin care Korea." Journal of Economics and Business 7.1 (2021): 125-142.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v26i1.9734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.