Pola Penerapan Merdeka Belajar pada Pembelajaran IPS dalam Menanamkan Sikap Sosial Peserta Didik di MTsN 1 Kota Payakumbuh

Nurhariani Suci, Dwi Luhuria

Abstract


Penelitian ini membahas perihal pola penerapan merdeka belajar pada pembelajaran ilmu pengentahuan sosial dalam menanamkan sikap sosial peserta didik di MTsN 1 Kota Payakumbuh  menggunakan rumusan masalah: 1. Bagaimana pola penerapan merdeka belajar pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dalam menanamkan sikap sosial di MTsN 1 Kota Payakumbuh. 2. Bagaimana menanamkan sikap sosial peserta didik pada pembelajaran IPS  di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian naratif kualitatif yang sering dianggap model penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi alamiah, lalu pendekatan yang dilakukan menggunakan menggunakan pendekatan pedagogik, kemudian data tadi dikumpul menggunakan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun instrumen menjadi suatu alat yang dipergunakan untuk mengukur kenyataan dalam penelitian dimana instrumen penelitian artinya peneliti itu sendiri. Lalu menyusun pedoman wawancara yang berisi pertanyaan, dan  pedoman observasi serta beberapa dokumentasi yang berkaitan menggunakan objek penelitian. akibat penelitian memberikan bahwa proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 1 Kota Payakumbuh telah menerapkan pembelajaran dan  evaluasi berdefensiasi menjadi perwujudan pola penerapan merdeka belajar serta implementasi dari pola penerapan merdeka belajar itu berdampak baik terhadap penanaman sikap sosial peserta didik, berakibat pembelajaran ilmu pengetahuan sosial  lebih menyenangkan, berkualitas dan  bermakna, karena menggunakan penerapan merdeka belajar peserta didik mempunyai kemampuan berfikir kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat serta memiliki daya khayalan yang tinggi, implikasi berasal penelitian ini dibutuhkan menjadi upaya mempertinggi kualitas pendidikan serta mengatasi masalah-masalah pendidikan spesifik di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Meskipun penelitian ini merupakan bahan kajian yang baru dibahas serta bahkan masih terjadi pro-kontra dikalangan tokoh-tokoh pendidikan namun penulis berharap penelitian ini akan sebagai bahan rujukan buat penelitian selanjutnya serta memperkaya penelitian sebelumnya.


Keywords


Merdeka Belajar, IPS, Sikap Sosial

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v26i1.8165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.