Perubahan Sosial Budaya Dalam Modernisasi Dan Teknologi Dipandang Dari Proses Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. A. Djoh, “DAMPAK MODERNISASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT TANI DI DESA KAMBATA TANA KABUPATEN SUMBA TIMUR,” J. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 2, no. 4, pp. 332–339, 2018.
M. Resnick, Rethinking learning in the digital age. 2002.
R. S. Sasmita, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” J. Pendidik. dan KONSELING, vol. 2, no. 1, pp. 99–103, 2020.
D. Rahman, “Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dan Informasi,” Maktab. J. Perpust. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 9–14, 2021.
R. Fauzi, “Perubahan Budaya Komunikasi pada Pengguna Whatsapp di Era Media Baru,” J. Ilmu Komun. Efek, vol. 1, no. 1, 2017.
S. Darlan, “Analisis Dampak Penggunaan Internet terhadap Budaya dan Tradisi Bagi Remaja Desa Anjir Serapat,” Anterior J., vol. 19, no. 2, pp. 42–49, 2020.
M. M. E. I. Bali and H. B. Hajriyah, “Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0,” MOMENTUM J. Sos. dan Keagamaan, vol. 9, no. 1, pp. 42–62, 2020.
E. F. Rusydiyah, TEKNOLOGI PEMBELAJARAN: Implementasi Pembelajaran Era 4.0. UIN Sunan Ample Press, 2019.
M. R. Maulani, Supriady, and N. Riza, “IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEHINGGA LEBIH INTERAKTIF DAN MENYENANGKAN,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 7, no. 1, pp. 27–35, 2020.
M. Harjianto, “Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar,” Didaktika, vol. 2, no. 1, pp. 216–226, 2006.
Dimyati and Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.
L. F. Haryati and Nursaptini, “Konferensi Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19,” AL MA’ ARIEF J. Pendidik. Sos. DAN BUDAYA, vol. 3, no. 2, pp. 85–91, 2021.
Firman, A. P. Sari, and Firdaus, “Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 130–137, 2021.
Sulaiman, “POLA MODERN ORGANISASI PENGEMBANGAN KURIKULUM,” J. Ilm. Didakt., vol. 14, no. 1, pp. 67–73, 2013.
C. Hague and S. Payton, Digital literacy across the curriculum. Futurelab, 2010.
G. P. D. Saraswati, P. Astuti, R. I. Darmawan, and M. A. S. Idris, “Literasi Digital Untuk Mendukung Upaya Konstruksi Identitas Guru Sebagai Pembelajar Sepanjang Hayat: Pelatihan Bagi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jawa Tengah,” Varia Humanika, vol. 3, no. 1, pp. 190–196, 2022.
I. Latifa and F. Pribadi, “PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENGATASI PENGANGGURAN DI ERA DIGITAL,” J. Pendidik. Sosiol. Undiksha, vol. 3, no. 3, pp. 137–146, 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i4.7304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Jurnal Dinamika Sosial Budaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang
Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.