Digitalisasi Sebagai Media Pembelajaran Sosial Psikologi Era Society 5.0

Dian Bagus Mitreka Satata, Rizal Nopriyanto

Abstract


Saat ini manusia dan kecanggihan teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan demi keberlangsungan hidup. Era society 5.0 kolaborasi kehidupan yang nyata manusia dalam memanfaatkan teknologi guna pemenuhan kebutuhan yang semakin berkembang. Tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui bagaimana manusia mampu meningkatkan media pembelajaran sosial psikologi melalui perkembangan digitalisai teknologi era society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan analisis studi pustaka dari hasil penelitian yang terpublikasi dengan menggunakan mesin pencari Google Scholar, Researchgate, dan Proquest yang diterbitkan antara tahun 2017 – 2021 dengan topik penelitian yang secara khusus membahas mengenai pembelajaran sosial psikologi melalui media digital di era society 5.0. Hasil mengungkapkan bahwa media pembelajaran teknologi digital di era society 5.0 memberikan pengaruh besar terhadap segala aspek keberlangsungan hidup individu yaitu, berkembangnya kognitif sosial psikologi yang adaptif dalam berinteraksi melalui platform media sosial.


Keywords


teknologi digital, belajar sosial psikologi, society 5.0

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S.M. (2019). Social cognitive theory: a Bandura thought review published in 1982-2012. Journal Psikodimensia. 18(1), 85-100. DOI 10.24167/psidim.v18i1.1708

Badriyah, S. (2019). Portal medsos: promosi sehat mental dalam bermedia sosial lewat youtube. Peluang dan tantangan psikologi menghadapi era revolusi industri dan society 5.0. (Prosiding the 2nd Academic Conference on Psychologycal Issues), 175-179.

Schwab, K. (2016). Summary for Policymakers (Intergovermental Panel on Climate Vhange, Ed). Cambridge University Press.

Damayanti, C. (2019). Mengurangi penggunaan gadget pada anak usia dini dengan bersosialisasi. Peluang dan tantangan psikologi menghadapi era revolusi industri dan society 5.0. (Prosiding the 2nd Academic Conference on Psychologycal Issues), 49-53.

Rojko, A. (2017). Industry 4.0 Concept: Background and Overview. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 11(5), 77 90. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i5.7072

Fauzan, R. (2018). Karakteristik model dan analisa peluang tantangan industri 4.0. Jurnal Teknik Infomrasi Politek Hasnur. 4(1), 1-11. https://doi.org/10.46365/pha.v4i01.271

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Economic Foundation, Special Article 2, 47-50. https://www.jef.or.jp/journal/

Kriestanto, D., & Sari, D.F. (2016). Clustering aspek kognitif maahasiswa terhadap pemanfaatan teknologi informasi. Jurnal Teknologi Informasi, 31(11).

Khayyat, M., Alhemdi, F., & Alnunu, R. (2020). The Challenges and Benefits of Blockchain in E-government. International Journal of Computer Science and Network Security, 20(4), 15-20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4236/jdaip.2015.33007

Macek, J. (2014). Defining Cyberculture [Koncept ran © kyberkultury], (November).

Nakagawa EY, Antonino PO, Schnicke F, Capilla R, Kuhn T, & Liggesmeyer P (2021) Industry 4.0 reference architectures: State of the art and future trends. Computers and Industrial Engineering. 156, 1-13. https://doi.org/10.1016/J.CIE.2021.107241.

Okamoto, M. (2019). Standardization activities on society 5.0 in Japan. Society Standardization Promotion Committee, 0-18.

Okoli, C., & Schabram, K. (2011). A Guide to Conducting Literature Review of Information System Research. Communications of the Association for Information System. 37(43), 879-910.

Purnomo & Erwin. (2021). Educational Inovation in Society 5.0 Era: Challenges and Opportunities. Routledge

Rahmawati, M. Ruslan, A., & Bandarsyah, D. (2021). The Era of Society 5.0 as the unification of humans and technology: A literature review on materialism and existentialism. Jurnal Sosiologi Dialektika. 16(2), 151-162 https://dx.doi.org/10.20473/jsd.v16i2.2021.151-162.

Setyawati, G. (2015). Dampak teknologi dan proses pembelajaran berbasis teknologi dalam membentuk perilaku anak SD. Seminar Nasional Educational Wellbeing, 125-133.

Sugiyono, S. (2021). Peran e-government dalam membangun society 5.0: tinjauan konseptual terhadap aspek keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Mata Pembaruan Jurnal Inovasi Kebijakan. 5(2), 115-125. https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.115-125

Taherdangkoo, M., Mona, B., & Ghasemi, K. (2018). The role of industries environmental reputation and competitive intensity on sustainability marketing strategy. Spanish Journal of Maketing. 23(1), 3 24. https://doi.org/10.1108/SJME-02-2018-0005




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i3.5020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.