PENGARUH PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DI DAYA TARIK WISATA
Abstract
Untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan baik secara individual maupun secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan, penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui pembagian kuesioner dan wawancara terhadap responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 99 responden. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis diskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas serta uji persyaratan. Berdasarkan analisis data mengenai pengaruh pelayanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pengunjung di Goa Rong View dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : (1) Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa pelayanan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitias pengunjung. (2) Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitias pengunjung. (3) Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa kepuasan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitias pengunjung. (4) Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan secara bersama sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitias pengunjung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, J. 2017. SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia
Arikunto, Suharsini. 2008.Prosedur Penelitian. Jakarta : Bima Aksara
Basiya dan Rozak, Hasan Abdul. 2012.Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara ke Jawa Tengah. Semarang : Stikubank
Diah Dharmayanti. 2006. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada nasabah tabungan bank mandiri cabang Surabaya)
Hidayah, Endang Wahyu. 2011. Pengaruh Kinerja Layanan, Hambatan Pindah dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Berimplikasi pada Loyalitas Pengunjung . Tesis.Semarang : Program Magister Kepariwisataan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
Imam Ghozali. 2011.Aplikasi Analisis Multivariate bagi program SPSS. Badan Penerbit UNDIP
Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. 2013.Panduan Modern Penelitian Kuantitatif.Bandung : Alfabeta
Kusmayadi dan Sugiarto, Endar. 2008.Metofologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta : Gramedia
Philip Kotler. 2016.Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat
Rangkuti, Freddy. 2013.Customer Service Satisfaction & Call Center.Jakarta :Gramedia
Rahmat. 2013.Statistika Penelitian. Bandung : Pustaka Setia
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013.Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis.Yogyakarta : Andi Offset
Sugiyono,J. 2016.Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar.Jakarta : Rineka Cipta
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen). Jakarta : PT Buku Seru.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Offset
Wahyu, Adi. 2013. Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Study kasus di Hira Cargo Cabang Semarang . Tesis. Semarang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro
DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.5001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Jurnal Dinamika Sosial Budaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang
Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.