PENGARUH PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DI DAYA TARIK WISATA

Bram Arvianto, Rischa Agustia Imaningtyas, Ryani Putri

Abstract


Untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan baik secara individual maupun secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan, penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui pembagian kuesioner dan wawancara terhadap responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 99 responden. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis diskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas serta uji persyaratan. Berdasarkan analisis data mengenai pengaruh pelayanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pengunjung di Goa Rong View dapat diambil kesimpulan     sebagai berikut : (1) Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa pelayanan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitias pengunjung. (2) Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitias pengunjung. (3) Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa kepuasan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitias pengunjung. (4) Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan secara bersama sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitias pengunjung.


Keywords


Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan, Daya Tarik Wisata

Full Text:

PDF

References


Arifin, J. 2017. SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia

Arikunto, Suharsini. 2008.Prosedur Penelitian. Jakarta : Bima Aksara

Basiya dan Rozak, Hasan Abdul. 2012.Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara ke Jawa Tengah. Semarang : Stikubank

Diah Dharmayanti. 2006. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada nasabah tabungan bank mandiri cabang Surabaya)

Hidayah, Endang Wahyu. 2011. Pengaruh Kinerja Layanan, Hambatan Pindah dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Berimplikasi pada Loyalitas Pengunjung . Tesis.Semarang : Program Magister Kepariwisataan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

Imam Ghozali. 2011.Aplikasi Analisis Multivariate bagi program SPSS. Badan Penerbit UNDIP

Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. 2013.Panduan Modern Penelitian Kuantitatif.Bandung : Alfabeta

Kusmayadi dan Sugiarto, Endar. 2008.Metofologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta : Gramedia

Philip Kotler. 2016.Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat

Rangkuti, Freddy. 2013.Customer Service Satisfaction & Call Center.Jakarta :Gramedia

Rahmat. 2013.Statistika Penelitian. Bandung : Pustaka Setia

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013.Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis.Yogyakarta : Andi Offset

Sugiyono,J. 2016.Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar.Jakarta : Rineka Cipta

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen). Jakarta : PT Buku Seru.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi Offset

Wahyu, Adi. 2013. Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Study kasus di Hira Cargo Cabang Semarang . Tesis. Semarang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.5001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.