Komodifikasi Budaya Populer di Generasi Z

Arvian Messianik

Abstract


Penggunaan sosial media menyebabkan beberapa dampak, salah satunya adalah komodifikasi budaya populer terutama kepada mereka yang sering menggunakan sosial media. penelitian ini dilakukan guna mengetahui seberapa jauh komodifikasi budaya populer di generasi z khususnya anak muda di Sidoarjo. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan mendeskriptifkan postingan insagram. Subjek penelitian merupakan akun instagram dari beberapa kedai kopi di Sidoarjo. Teknik analisis berupa mengembangkan dan menafsirkan data yang diperoleh dari peristiwa peristiwa serta kejadian yang terjadi. Hasil penelitian menunjukan Melalui aktivitas media sosial, dapat terjadi komodifikasi budaya populer ini terutama di generasi z yang sehari-hari menggunakan media sosial. Akun instagram dari kedai kedai kopi di sidoarjo memiliki pengaruh yang besar teradap pembentukan komodifikasi ini dan menimbulkan ideologi konsumtif bagi generasi z yang terlihat natural


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.