EKSISTENSI MEDIA TELEVISI ERA DIGITAL DIKALANGAN REMAJA
rizca haqqu, Firdaus Azwar Ersyad
Abstract
Media televisi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat di Indonesia. Hampir semua rumah mempunyai televisi terutama dipulau Jawa. Hasil dari beberapa lembaga riset ternama menjelaskan bahwa penggunaan media televisi masih sangat diminati dikalangan masyarakat. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, hadirnya media baru dengan platfom digital serupa tahun ke tahun semakin meningkat dan mendominasi. Terutama dikalangan anak muda, karakter media baru yang lebih felksibel membuat keberadaan media baru tersebut semakin digandrungi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan pola penggunaan media konvensional ditunjukan oleh hasil rendahnya tinggkat menggunaan media televisi dengan indikasi khalayak mulai beralih menonton program televisi melalui platfom digital lain seperti youtube. Dibutuhkan sinergisitas, kreatifitas, dan kualitas program yang baik agar media televisi masih dapat terus eksis menghadapi pesatnya perkembangan teknologi di era digital
APJII. (2017). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved from apjii.or.id: https://apjii.or.id/survei2017
Haqqu, R. (2019). Asosiasi Motif Informasi dan Kepuasan Informasi Dalam Menggunakan Media Televisi dan YouTube Dikalangan Remaja. Komunikasi KOntemporer dan Masyarakat (p. 35). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Haqqu, R. (2020). Uji Uses And Gratifications Dalam Intensitas Menonton Program Talk Show Melalui Televisi. CoverAge, 11-18.
Haqqu, R., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2019). Teenagers Entertainment Satisfaction in Watching Talk Show Program through Youtube. The Messenger, 38-45.
kompas.com. (2017). Retrieved Desember 2, 2017, from http://www.google.co.id/amp/amp/kompas.com/nasional/read/2016/03/30/05374961/survei.Litbang.Kompas.Televisi.Dua.Sisi.Mata.Uang
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lubis, M. (2017). Nielsen. Retrieved Januari 5, 2018, from www.nielsen.com: http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2017/TREN-BARU-DI-KALANGAN-PENGGUNA-INTERNET-DI-INDONESIA.print.html
Metronews, c. (2017). Retrieved Desember 1, 2017, from http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/ob3BpGAN-ketimbang-tv-remaja-lebih-suka-nonton-Youtube-dan-netflix.
Morissan, M. A. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.