DAMPAK BISNIS KULINER MELALUI GO FOOD BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA SEMARANG

Rr. Lulus Prapti NSS, Rahoyo Rahoyo

Abstract


Layanan Go-Food merupakan sebuah fitur layanan food delivery pesan antar makanan yang dikembangkan oleh aplikasi Go-Jek pada bulan Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Bisnis Kuliner melalui Go-food bagi Pertumbuhan Ekonomi.Penelitian ini dilakukan pada pegusaha kuliner yang sudah bergabung dengan Layanan Go-Food yang tersebar di Kota Semarang, BPS

Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan informan kunci sebanyak 4 pelaku bisnis kuliner online. Dari hasil survey yang didapatkan para pelaku bisnis kuliner online menyatakan bahwa omzet penjualan setelah bergabung dengan Layanan Go-Food meningkat dibandingkan dengan sebelum bergabung dengan Layanan Go-Food, hal ini dikarenakan   Go-Food   mempromosikan makanan yang di prosuksinya. Selain itu dari pihak BPS juga menyatakan bahwa sector perdagangan dalam hal ini adalah makanan dan minuman menyumbang kenaikan PDRB yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


Keywords


E commerce, Omzet Penjualan, dan Pertumbuhan Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Budi Widagdo, Prasetyo, Analisis

Perkembangan E-Commerce dalam mendorong Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Indonesia , UGM,2016

Dainari, Getha Fety Rr, Pengaruh

E- Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, (2017)

Gunawan, Imam, Metode Penelitian

Kualitatif Teori dan Praktek, Bumi Aksara, Jakarta, 2014

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3530708/semarang-penyangga-utama-pertumbuhan-ekonomi-jateng

https://semarangkota.bps.go.id/

https://ekbis.sindonews.com/read/1177467/33/pertumbuhan-ekonomi-jawa-tengah-2016-melambat-1486378908

Quick, J. dan S Hall. 2015. Qualitative Research. United Kingdom: The Association for Perioperative Practice.

Sutton, Jane dan Zubin Austin. 2015. Qualitative Research: Data Collection, Analysis, and Management. United Kingdom: CJHP.

Tita Yulia Iriani, Analisis Dampak

layanan G Food Terhadap Omzet Penjualan Rumah Makan di Kota Bandung , Universitas Pasundan, 2017

Walia , Pengaruh E-commerce terhadap

peningkatan pendapatan sentra industri kripik pisang Bandar lampung ditinjau dari etika bisnis Islam , 2017

Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh

Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing (Studi Pada Konsumen Produk Garskin Merek Sayhello Di Kota Yogyakarta). Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v20i2.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Alamat Redaksi: 

Jurnal Dinamika Sosial Budaya  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Semarang

Jl. Soekarno-Hatta, Pedurungan, Tlogosari, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.