Analisis Isi Konten Instagram Ganjar Pranowo pada Masa Periode Kampanye Pemilu 2024

Ichsan Rinanto, Edy Nurwahyu Julianto

Abstract


Penelitian ini menganalisis isi pesan dalam konten Instagram Ganjar Pranowo selama periode kampanye Pemilu 2024 dengan tujuan mempertahankan dan memperbaiki citra politiknya serta meningkatkan elektabilitasnya sebagai Calon Presiden 2024. Dengan landasan teori The Nine Block Conversation Planner oleh Lois Kelly, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi non-partisipan dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram Ganjar Pranowo mengandung beberapa tema pesan dari teori tersebut, seperti Aspirations and Beliefs, David vs Goliath, Avalanche About to Roll, Contrarian/Counterintuitive/Challenging Assumptions, Personalities/Personal Stories, Glitz and Glam, serta Seasonal/Event-Related.  Tema pesan yang tidak terkandung yaitu Anxieties dan How to. Tema pesan yang banyak ditemukan dalam konten Instagram Ganjar Pranowo yaitu Aspirations and Beliefs yang mengangkat tema ajakan khalayak untuk berinteraksi membangun kepercayaan. Ganjar Pranowo telah menerapkan strategi yang baik selama berkampanye melalui media sosial Instagram, namun pada faktanya tidak cukup untuk meningkatkan elektabilitasnya.


Full Text:

PDF

References


Amalia, firda. 2023. Arungi Kampanye Politik di Era Digital dengan Strategi SEO. (https://cmlabs.co/id-id/blog/kampanye-politik) dikutip Rabu, 28 Juni 2023 pukul 15.15 wib

Azuna Vion Harnadi. 2017. Analisis Konten Serial Fil Animasi Upin dan Ipin Musim 8 Ditinjau Dari Prinsip Desain Pesan Pembelajaran. Jurnal Prodi Tekonologi Pendidikan 6, no. 4 (2017): 384.

CNBCIndonesia.com. 2023. Survei Terbaru Capres & Cawapres 2024, Siapa Paling Unggul? (https://www.cnbcindonesia.com/news/20231105053845-4-486437/survei-terbaru-capres-cawapres-2024-siapa-paling-unggul) dikutip Rabu, 8 November 2023 pukul 12.00

CNNIndonesia.com. 2023. Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Anies-Cak Imin, Ganjar, dan Prabowo (https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230915194758-617 999672/hasil-survei-terbaru-elektabilitas-anies-cak-imin-ganjar-dan prabowo) dikutip Rabu, 8 November 2023 pukul 12.30

Detik.com. 2024. Lengkap! Hasil Pemilu 2024: Pemenang Pilpres hingga Daftar Parpol ke DPR. (https://news.detik.com/pemilu/d-7253356/lengkap-hasil-pemilu-2024-pemenang-pilpres-hingga-daftar-parpol-ke-dpr) diakses Minggu, 28 April 2024 pukul 19.58

Detik.com. 2024. Nomor Urut Capres-Cawapres 2024 dan Pidato Lengkap Ketiga Paslon. (https://www.detik.com/sumut/berita/d-7037718/nomor-urut-capres-cawapres-2024-dan-pidato-lengkap-ketiga-paslon) dikutip Rabu, 17 Januari 2024 pukul 16.00

Finy F. Basarah dan Gustina. 2020. Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat 5, no. 2 (2020): 24.

Fitria Chusna Farisa. Kompas.com. 2024. Hasil Lengkap Pemilu 2024: Pilpres dan Pileg. (https://nasional.kompas.com/read/2024/03/21/11334381/hasil-lengkap-pemilu-2024-pilpres-dan-pileg) diakses Minggu, 28 April 2024 pukul 19.58

Huang, G. (2020). Platform Variation and Content Variation on Social Media: A Dual-Route Model of Cognitive and Experiential Effects. Journal of Promotion Management, 26(3). https://doi.org/10.1080/10496491.20 19.1699633

Jatengprov. 2023. Ganjar Jalan Kaki ke Pelosok Desa untuk Serahkan Bantuan RTLH di Sukoharjo. (https://jatengprov.go.id/publik/ganjar-jalan-kaki-ke-pelosok-desa-untuk-serahkan-bantuan-rtlh-di-sukoharjo/)

Luthfia Maharani Trianti. MetroTVnews. 2023. Populer di Media Sosial, Ganjar Pranowo Teratas Survei Capres SMRC. (https://www.metrotvnews.com/play/NOlCY4RM-populer-di-media-sosial-ganjar-pranowo-teratas-survei-capres-smrc) diakses Senin, 1 Januari 2024 pukul 20.00

Nicholas Ryan Aditya, Icha Rastika. Kompas.com. 2022. Ganjar Akui Bangun Citra Lewat Medsos, sampai Disebut Artis Tiktok. (https://nasional.kompas.com/read/2022/12/01/04420361/ganjar-akui-bangun-citra-lewat-medsos-sampai-disebut-artis-tiktok)

Populix. 2023. Apa itu Personal Branding, Tujuan, dan Cara Membangunnya. (https://info.populix.co/articles/personal-branding/) dikutip Selasa, 4 Juli 2023 pukul 11.03 wib

Savira, Bella. 2023. Branding Iklan Politik di Instagram. (https://geotimes.id/opini/meninjau-branding-iklan-politik-di-instagram/) dikutip jumat, 24 Juni 2023 pukul 11.57 wib

Soesanto, Stefanny. 2021. Isi Pesan The Nine Block Conversation Planner Dan Crisis Response Di Postingan Instagram @Traveloka Selama Masa Pandemi COVID-19. Universitas Kristen Petra: Skripsi.

Try Yustiawan, Sigit & Lestari, Baroroh. 2023. Pengaruh Influencer Media Sosial Dan Konten Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Piscocol Di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 9, no. 2 (2023): 8




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/janaloka.v2i1.9550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: