ANALISIS POLA AKTIVITAS PENGGUNA JALAN DI KORIDOR JALAN TLOGOSARI RAYA SEMARANG

Ratna Ayu Permatasari Arief Rahman, Hendrianto Sundaro, Adityo Fajar Vakumoro

Abstract


Koridor jalan adalah penggal jalan yang menghubungkan wilayah dengan batasan fisik. Koridor jalan yang baik biasanya memiliki jalur pejalan kaki di kedua sisi jalan untuk memudahkan pejalan kaki. Di Indonesia, masalah koridor jalan tidak terlepas dari hubungan dengan kepadatan jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang lebih besar di Kota Semarang menyebabkan peningkatan kepadatan lalu lintas. Koridor jalan Tlogosari Raya Semarang adalah salah satu koridor jalan di kota Semarang yang memiliki banyak lalu lintas. Jalan Tlogosari Raya Semarang sangat penting karena merupakan jalan utama dan memiliki banyak aktivitas komersial di perumahan Tlogosari Semarang. Dengan waktu, beberapa masalah muncul di jalan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sifat fisik berhubungan dengan pola aktivitas yang terjadi di koridor jalan Tlogosari Raya. Untuk mencapai tujuan ini, metode yang akan digunakan adalah observasi dan pemetaan titik aktivitas yang dilakukan secara bertahap. Hasilnya adalah efek karakteristik fisik terhadap pola aktivitas di koridor jalan Tlogosari Raya Semarang.

Keywords


koridor; komersial; aktivitas

Full Text:

PDF

References


Aliyah, N. (2020). Pengaruh Pola Aktivitas Pemanfaatan Ruang Koridor Jalan Pelabuhan Ulee Lheue Terhadap Kualitas Visual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Dan Perencanaan, 4(03).

Asha, F. F. (2017). Karakteristik Koridor Jalan Ditinjau dari Fisik Ruang (Studi Kasus: Koridor Jalan Mt Haryono Kota Kendari). Jurnal Planologi, 14(1).

Aulia, S. A. S. (2020). Kajian Karakteristik Koridor Jalan Slamet Riyadi Sebagai Ruang Interaksi Sosial Kota Surakarta Berdasarkan Teori Good City Form. Jurnal Desa-Kota, 2(1).

Hantono, D. (2019). Kajian Perilaku Pada Ruang Terbuka Publik. Jurnal Arsitektur, 18(1), 45–56.

Hariyono, P. (2011). Sosiologi Kota Untuk Arsitek. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haryadi, & Setiawan, B. (2020). Arsitektur, Lingkungan dan Perilaku. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mirsa, R. (2016). Elemen Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zahnd, M. (2006). Perancangan Kota Secara Terpadu. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/ijsp.v4i2.7907

Refbacks



View My Stats