EVALUASI SARANA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR KECAMATAN BATUNUNGGAL, KOTA BANDUNG

Ainurrahmi Novianti, Tia Adelia Suryani

Abstract


Pendidikan anak usia sekolah dasar merupakan hal penting dalam tumbuh kembangnya. Suatu kota yang baik harus dapat menyediakan sarana Pendidikan yang layak. Salah satu kebijakan terbaru yang diterapkan oleh Pemerintah adalah system Zonasi. Kota Bandung terdiri dari 4 (empat) zonasi, yaitu Zona A, Zona B, Zona C, dan Zona D. Kecamatan Batununggal termasuk dalam Zona C. Semenjak adanya aturan zonasi sekolah, beberapa permasalahan mulai bermunculan. Evaluasi sarana Pendidikan sekolah dasar menjadi penting untuk diteliti agar dapat mengantisipasi permasalahan yang mungkin muncul di kemudian hari. Sarana Pendidikan SD di Kecamatan Batununggal dievaluasi berdasarkan jangkauan pelayanan dan aksesibilitasnya. Aksesibilitas yang dimaksud berupa kondisi fasilitas pejalan kaki, keberadaan zebra cross, dan rute angkutan umum yang ada di masing-masing sekolah. Metode yang digunakan adalah dengan analisis spasial buffering serta observasi kondisi eksisting Hasil penelitian menunjukkan seluruh SD yang ada di Kecamatan Batununggal sudah mampu melayani daerah sekitar bahkan hingga keluar Kecamatan. Terdapat 3 (tiga) SD yang memiliki fasilitas jalur pejalan kaki dan 3 (tiga) sekolah yang memiliki zebra cross sebagai sarana menyeberang jalan. Rute angkutan umum telah melayani semua zona pendidikan Sekolah Dasar (SD/MI) dengan 6 (enam) trayek yang tersedia di Kecamatan Batununggal, namun untuk zona sekolah yang berada di area permukiman, menjangkaunya harus berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi.

Keywords


evaluasi, jangkauan, pelayanan, pendidikan, sarana

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional. (2004). SNI 03-1733-2004 tentang Tata cara perencanaan lingkungan perumahan di perkotaan. 58.

Doxiadis, C. A. (1970). Ekistics, the Science of Human Settlements: Ekistics starts with the premise that human settlements are susceptible of systematic investigation.Ekistics, the Science of Human Settlements: Ekistics starts with the premise that human settlements are susceptible of systematic investigation. Science, 170, 393 404.

Hadinoto, K. (1970). Unsur Pembentuk Kota.

Kecamatan Batununggal dalam Angka 2020. (2020). Bandung: Badan Pusat Statistik.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2016 Tentang Penerapan Rute Aman Selamat Sekolah (RASS). (2016). Jakarta.

Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 13 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama. (2019). Bandung.

Simbolon, H. (2018, July 11). Zonasi PPDB Bermasalah, Orangtua Siswa di Bandung Kelimpungan .

Sujarto, D. (1992). Wawasan Tata Wawasan Tata Ruang, Wawasan mengenai Tata Ruang dan Pembangunan. Jurnal PWK.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 12 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional . (2003).




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/ijsp.v2i2.4582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats